Angkasa Pura 2

Singapura Koneksikan Pelayanan Pesawat dengan Kapal Pesiar

Bandara DermagaMonday, 26 May 2014

SINGAPURA (beritatrans.com) – Negara jiran Singapura terus menggelar inovasi pelayanan. Setelah mengintegrasikan pelayanan bandara dengan moda transportasi darat yakni kereta dan bus, dimulai koneksi pelayanan dengan transportasi laut.

Melalui penawaran layanan transfer bagasi antara penumpang pesawat terbang di Bandara Changi dengan kapal pesiar, Singapura berambisi menjadi pusat kapal pesiar di Asia, dengan menggeser posisi Tiongkok.

Untuk menggolkan ambisi itu, Singapura meng-upgrade infrastruktur terminal kapal pesiar di HarbourFront, Tanah Merah dan Marina Bay.

Pasar turis dengan pelayaran kapal pesiar di Asia, Straits Times memberitakan tumbuh pesat dan diperkirakan mencapai angka 3,8 juta penumpang di tahun 2020.

Dari market tersebut, Singapura secara atraktif melayani 1,03 juta penumpang dan 391 kapal pesiar tahun 2013. Untuk penumpang naik 13 persen dan kapal naik 17 persen dibandingkan tahun 2012.

Saat ini, pasar kapal pesiar Asia masih didominasi Tiongkok dengan jumlah penumpang mencapai 1,4 juta orang pada tahun lalu. (korriee/aw)