Angkasa Pura 2

Carmelita Serukan Presiden Mendatang Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Transportasi

DermagaFriday, 30 May 2014

JAKARTA (beritatrans.com) – Pelaku usaha pelayaran dan logistik mendesak pemerintah saat ini dan mendatang untuk tetap fokus dalam pembangunan infrastruktur transportasi, terutama pelabuhan di wilayah Indonesia bagian timur. Ketersediaan secara memadai infrastruktur ini menjadi aspek dominan dalam memberikan kebutuhan rakyat dengan harga terjangkau.

Desakan itu dikemukakan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sekaligus Presiden Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA), Carmelita Hartoto kepada wartawan, Jumat (30/5/2014).

Menurut Carmelita, infrastruktur transportasi menjadi teramat penting posisinya karena menjadi faktor tunggal lancarnya mobilitas komoditas kebutuhan publik. Mahalnya harga kebutuhan rakyat selama ini dipicu oleh belum kuatnya jaringan logistik nasional.

Persoalan menjadi krusial, dia mengemukakan karena sering kali kebijakan soal infrastruktur ini kehilangan konsentrasi. Bahkan pembangunan infrastruktur terancam terganggu dengan adanya skema pemangkasan anggaran yang dilancarkan Menko Perekonomian dan ditetapkan melalui keputusan presiden.

Karenanya, Carmelita mengimbau pemerintah SBY agar tetap fokus mementingkan pembangunan infrastruktur, termasuk di dalamnya pelabuhan laut. “Demikian halnya, pemerintahan baru agar kelak tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur ini,” tegasnya.

Dalam kaitan itu, dia menyatakan siap mengundang calon presiden dan calon wakil presiden untuk menyampaikan visi dan misinya tentang infrastruktur transportasi, serta keberpihakan terhadap pengusaha nasional, INSA antara lain berada di dalamnya.

“Kami siap kapan pun menggelar dialog, sepanjang capres dan cawapres bersedia.kalau memang harus menyiapkan undangan, kami siapkan. Yang pasti, kami berharap capres dan cawapres proaktif,” ujarnya. (aw).