Angkasa Pura 2

Kampung Cina Ramai Dikunjungi Warga Cibubur

DestinasiSunday, 1 June 2014

CIBUBUR (beritatrans.com) – Kampung Cina yang bertempat di kawasan perumahan Cibubur, merupakan salah satu obyek wisata di wilayah sebelah timur Jakarta ini. Jaraknya dari Mekarsari hanya sekitar 13 km. Untuk menuju ke kampung Cina, sebelum sampai di Kota Wisata, terlebih dahulu melewati kawasan perumahan elit yang modelnya unik dengan bentuk ciri khas berbagai Negara.

Obyek wisata kampung Cina di kawasan Cibubur ini sering dikunjungi masyarakat, baik dari Cibubur maupun dari luar. Seperti pantauan bekasibusiness, suasana Kampung Cina terlihat ramai dikunjungi oleh para pengunjung di kawasan Kota Wisata Cibubur, Minggu (1/6/2014).

Mira, salah satu pengelola Kampung Cina Kota Wisata Cibubur mengatakan kampung cina merupakan salah satu tempat wisata di Cibubur.

“Kampung Cina berada di Kota Wisata Cibubur, yang terletak di jalur alternatif Cibubur-Cileungsi-Jonggol. Dari tol Jagorawi, Anda keluar melalui pintu tol Cibubur,“ terangnya kepada beritatrans.

IMG00037-20140531-1554

Dijelaskannya, pertama kali pengunjung akan melihat sebuah bangunan khas dinasti cina seperti kota terlarang dengan bentuknya yang setengah lingkaran dengan tulisan besar gerbang kemakmuran dengan ukiran dua naga disampingnya terdapat dua patung prajurit yang hampir dua kali tinggi orang biasa dengan membawa pedang dan obor.

“Sesuai namanya gerbang kemakmuran biasanya pengunjung percaya dengan berfoto di depan gerbang tersebut akan membawa kemakmuran juga bagi kehidupannya,” paparnya

Bahkan, ketika pengunjung memasuki kampung cina didalamnya terdapat jembatan kecil, yang seharusnya dibawah jembatan tersebut terdapat ikan-ikan mas yang kecil kecil, kursi-kursi batu di depan kios-kios yang tersedia, dan ada beberapa patung lainnya.

“Meskipun nama Kota Wisata ini adalah Kampung Cina, namun mungkin karena memang Kampung Cina lebih terkenal, jadi pasti selalu dicari terlebih dahulu oleh pengunjung,” tambahnya.

IMG00039-20140531-1555

Ia menuturkan, sebetulnya didalamnya terdapat banyak kampung kampung yang lainnya seperti Kampung Jepang, Kampung Indonesia, serta Kawasan Amerika, pengunjung dengan mudah dapat menemukan kampung kampung yang lainnya dengan bantuan petunjuk arah dengan tulisan yang jelas.

“Khusus di bagian Kampung Cina disana terdapat banyak kios-kios dengan arsitektur Cinayang kental dan didominasi dengan warna merah serta hiasan lampion lampionnya,” jelasnya.

Selain itu, kios-kios tersebut menjual berbagai macam baju chongsam, payung, tas, dompet, bordiran khas cina, dan lain sebagainya dan antara kios satu dengan yang lainnya menjual barang yang tidak jauh berbeda dengan harga yang hampir sama.

“Rata rata harga nya masih terjangkau,” cetusnya.

Untuk masuk ke Kota Wisata Kampung Cina ini, kata Mira, tidak perlu tiket masuk, siapa saja dipersilahkan untuk mengunjunginya.

“Mau berbelanja ataupun hanya sekedar untuk mengambil obyek foto, dan dibelakang Kampung Cina terdapat suatu tempat dengan nama Fantasy Island dengan replika dinosaurus yang besar, yang dihubungkan melalui jembatan, pengunjung dapat menuju Fantasy Island ini,” jelasnya.

Fantasy Island menjadi tempat favorit anak-anak, dan pengunjung wajib membayar tiket masuk seharga Rp15 ribu, dilengkapi wahana permainan seperti flyng fox yang memacu adrenalin, sepeda air, water ball, mobil yang mengunakan baterai, dan ditempat ini juga terdapat berbagai tanaman yang asri.

Diterangkan Mira, di fantasy island ini juga tersedia danau buatan untuk dijelajahi dengan perahu naga, ataupun perahu motor, apabila pengunjung telah cukup jumlahnya maka perahu naga akan segera berangkat, pengunjung akan dibawa untuk melihat lihat pemandangan disekeliling danau buatan dan terakhir adalah pemandangan sebuah jembatan yang terlihat dari kejauhan sehingga perahu naga akan kembali ke dermaga dan selesai lah perjalanan dengan perahu naga tersebut.

“Disini juga tersedia kedai kedai makanan dimana tersedia berbagai pilihan makanan seperti bakso, mie ayam, gorengan dan siomay dan beberapa minuman dan makanan ringan lainnya,” pungkasnya. (leny)