Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia dan Delta Airlines Jalin Kerja Sama Codeshare

KokpitSelasa, 3 Juni 2014
garuda boeing 737-500

JAKARTA (beritatrans.com) — Maskapai penerbangan nasional Indonesia, Garuda Indonesia, dan salah satu maskapai penerbangan terbesar di Amerika Serikat, Delta Airlines, akan meluncurkan kerja sama codeshare pada bulan depan untuk menghubungkan penumpang dari Indonesia ke Amerika Serikat maupun sebaliknya.

Kolaborasi antara kedua maskapai penerbangan ini memungkinkan penumpang dari Jakarta pergi ke dua kota utama di Amerika Serikat, yakni Los Angeles dan Seattle, melalui Tokyo Haneda.

Garuda Indonesia sendiri akan segera meluncurkan penerbangan dari Jakarta ke Tokyo Haneda dengan pesawat Airbus A330-300, yang bisa terhubung dengan penerbangan Delta Airlines ke Los Angeles dan Seattle yang dilayani dengan pesawat Boeing 767-300ER.

“Dengan koneksi baru ini, penumpang dari kedua maskapai penerbangan akan lebih nyaman dalam perjalanan mereka karena kami memberikan layanan penerbangan dengan satu pemberhentian antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer seperti dilansir The Jakarta Post, Selasa (3/6/2014).

Garuda Indonesia dan Delta Airlines merupakan anggota aliansi penerbangan global, SkyTeam, yang beranggotakan 20 maskapai penerbangan dari berbagai belahan dunia. Saat ini Indonesia masih masuk Category 2 dalam rating Federal Aviation Administration (FAA) atau otoritas penerbangan Amerika Serikat.

Dalam aturannya, maskapai penerbangan yang masuk dalam Category 2 FAA tidak diperkenankan menjalin kerja sama codeshare dengan maskapai penerbangan asal Amerika Serikat. Untuk bisa melakukan kerja sama, Indonesia harus bisa meningkatkan ratingnya menjadi Category 1. (machda)