Angkasa Pura 2

Kapal Barang Swakarya Kandas di Selat Bali

DermagaKamis, 5 Juni 2014
kapal barang

NEGARA (beritatrans.com) — Kapal barang SMS Swakarya yang mengangkut kendaraan bermotor di jalur penyeberangan Jawa-Bali kandas akibat terseret arus Selat Bali.

“Kapal ini terseret arus dan kandas di perairan dangkal Tanjung Goa, Perapat Agung, Selasa (3/5) malam. Saat laut surut, di perairan sini arusnya memang cukup deras,” kata Manajer Operasional PT Indonesia Ferry Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Wahyudi Susianto, Rabu (4/6/2014).

Menurut dia, setelah lepas sandar di Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada pukul 21.23 WIB, perjalanan kapal nahas itu tidak menemui kendala apa pun.

Namun, saat mendekati dermaga, kapal yang memuat 13 unit truk itu tidak mampu melawan arus deras sehingga hanyut ke arah utara Pelabuhan Gilimanuk.

“Karena kapal ini tidak mengangkut penumpang, melainkan hanya truk beserta sopir dan kernetnya, kami tidak melakukan evakuasi. Cukup mereka kami kirimi makanan dan minuman saja,” ujarnya.

Setelah sekitar enam jam kandas, kapal tersebut bisa sandar di dermaga Pelabuhan Gilimanuk, setelah air pasang tinggi.

“Kapal tersebut langsung melakukan bongkar muat. Dari pemeriksaan yang kami lakukan, tidak ada kerusakan apapun sehingga diperbolehkan kembali berlayar ke Pelabuhan Ketapang,” katanya.

Akibat arus deras di perairan Gilimanuk, beberapakali kapal yang kandas di perairan tersebut, namun hingga saat ini tidak sampai menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Jika yang kandas adalah kapal penumpang, petugas pelabuhan bersama polisi perairan melakukan evakuasi terhadap penumpang. (machda/sofie)