Angkasa Pura 2

Pasar 250 Ribu Penumpang dari Indonesia-AS Jadi Incaran Garuda dan Delta Airlines

KokpitThursday, 5 June 2014

JAKARTA (beritatrans.com) – Sedikitnya 250.000 penumpang dari Indonesia-Amerika Serikat akan menjadi pasar incaran incaran maskapai Garuda Indonesia dan Delta Air AS. Hal ini menyusul kerjasama codeshare yang akan dimulai Juli 2014.

“Secara estafet, melalui kerja sama codeshare ini kedua maskapai bekerja sama mengangkut penumpang dari Amerika Serikat menuju Indonesia dan sebaliknya,” kata Direktur Operasional Garuda Indonesia Capt. Novijanto Herupratomo, Rabu (4/6/2014).

Menurut dia, kerja sama penerbangan ini menggunakan pesawat Boeing 767-300ER yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kursi rebah dan layanan penunjang seperti hotel dan berbagai servis lainnya.

Capt Novianto mencontohkan, dengan adanya kerja sama ini, penumpang dari Jakarta bisa langsung memesan tiket penerbangan Delta Air menuju ke Los Angeles atau Seattle di Amerika Serikat dengan menempuh perjalanan hingga ke Bandara Haneda, Tokyo atau Bandara Schipol Amesterdam, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan Delta Air.

“Sebaliknya, penumpang dari Amerika Serikat dengan tujuan Indonesia, terbang menggunakan Delta Air ke Tokyo atau Amsterdam, kemudian melanjutkan perjalanan ke Indonesia menggunakan Garuda Indonesia,” jelasnya.

Novianto menambahkan, pihaknya sudah menyepakati kerja sama ini akhir Mei 2014 dan saat ini sudah mengajukan izin ke Departemen Transportasi Amerika Serikat. Prosesnya bisa sampai tiga pekan jadi kerja sama ini mulai diberlakukan Juli mendatang.

Izin itu menurutnya diperlukan mengingat Garuda dalam peringkat Federal Aviation Administration (FAA) berada pada tingkat 2 sementara Delta Air berada pada tingkat 1. Kerja sama yang melibatkan maskapai tingkat 2 semacam ini perlu menggaet mitra dari maskapai tingkat 1.(machda)