Angkasa Pura 2

Pesawat Wings Air Sobek Terkena Besi di Landasan Bandara Juanda

BandaraKamis, 12 Juni 2014
bandara_juanda_surabaya_101222190723

SURABAYA (beritatrans.com) — Pesawat jenis ATR 72 yang dioperasikan maskapai Wings Air nyaris celaka akibat terkena benda-benda tajam milik staf Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (11/6/2014).

Bagian depan bawah pesawat robek di beberapa bagian, tepatnya di dekat roda. Dari robekan tersebut terlihat bahwa barang-barang penumpang menyembul keluar. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut.

Menurut sumber Majalah Angkasa dan dirilis kompas.com, kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.00 siang. Sebelum pesawat Wings Air mendarat, sebenarnya sudah ada satu pesawat AirAsia yang mendarat. Pilot pesawat tersebut melihat benda-benda dari besi berukuran besar di ujung landasan. Pilot pun berhasil menghindari benda-benda tersebut.

Selanjutnya, pilot AirAsia ini menghubungi pihak pengelola Bandara Juanda. Namun, sebelum ada tindakan dari pengelola bandara, sebuah pesawat Wings Air telanjur mendarat. Kemungkinan pilot tidak diberi tahu ataupun melihat benda-benda tersebut. Akibatnya, roda pesawat melindas dan besi tersebut melenting mengenai badan pesawat.

“Beruntung, pada saat itu pesawat pada posisi mendarat. Jika pesawat pada posisi hendak terbang, bisa berakibat fatal. Bisa terjadi kecelakaan,” ujar sumber tersebut.

Sampai berita ini ditulis, Kamis (12/6/2014), belum ada konfirmasi dari pihak Angkasa Pura 1 sebagai pengelola bandara. Sekretaris Perusahaan AP 1, Farid Indra Nugraha, meminta Angkasa untuk menghubungi General Manager Bandara Juanda.

Sementara itu, General Manager Bandara Juanda Trikora Harjo menyatakan bahwa kecelakaan itu sedang dalam investigasi KNKT. “Maaf sedang dalam tahap investigasi KNKT. Semua dalam otoritas KNKT,” ujarnya. (aisha).