Angkasa Pura 2

Kemenhub Audit Pelayanan Pelabuhan Tanjung Priok

DermagaJumat, 13 Juni 2014
20140610_093252

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah membalas surat dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II tentang usulan kenaikan CHC sebesar 10% di tiga terminal di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sudah dibalas oleh Pak Menteri. Surat balasan hanya berselang beberapa hari saja setelah surat dari Pelindo II itu diterima,” ungkap Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit kepada beritatrans.com, Jumat (13/6/2014).

Isi surat balasan tersebut, dia mengemukakan antara lain belum bisa memenuhi usulan PT Pelindo II. Meski demikian, menteri memerintahkan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengevaluasi tarif CHC (Container Handling Charge) melalui audit pelayanan.

Karena perintah itu, Bobby mengemukakan pihaknya masih mengaudit tiga terminal di Pelabuhan Tanjung Priok. Hasil audit akan menjadi bahan dalam pembasahan tentang tarif CHC.

“Pembahasan akan melibatkan stake holder pelabuhan, dari PT Pelindo II, INSA, AKLI dan sebagainya. Kesepakatan dalam pembahasan menjadi bahan pertimbangan Kemenhub untuk memutuskan mengenai tarif CHC,” ungkap dirjen.

Karenanya, dia meminta agar mengenai tarif CHC ini sebaiknya cooling down dulu. ‘Jangan buru-buru memberi penilaian secara sepihak. Sabar dan tunggu proses tadi,” cetusnya.

Prinsipnya, Bobby menegaskan Kemenhub berada di posisi netral dan semata-mata mempertimbangkan kepentingan nasional, termasuk di dalamnya kepentingan pengusaha pelayaran, logistik, dan operator pelabuhan. (leny/aw).