Angkasa Pura 2

Pembangunan Dua Pelabuhan Domestik Mulai September

DermagaJumat, 13 Juni 2014
ferry-terminal-batam-centre

BATAM (beritatrans.com) — Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mulai pembangunan dua pelabuhan domestik utama Kota Batam pada September 2014 dengan anggaran Rp96 miliar.

“Pelabuhan Domestik Sekupang dianggarkan Rp50 miliar. Sementara Telaga Punggur dianggarkan Rp46 miliar. Keduanya akan dibangun bertahap dalam tahun jamak mulai September,” Kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Jumat (13/6/2014).

Pelabuhan Domestik Sekupang menghubungkan Batam dengan sejumlah daerah lain di Kepri seperti Tanjung Batu, Moro, Tanjung Balai Karimun.

Selain itu, juga menghubungkan sejumlah wilayah di Riau, seperti Selatpanjang, Guntung, Meranti, Dumai, Buton, Pekanbaru. Pelabuhan Domestik Sekupang juga menghubungkan Batam dengan Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Sementara Pelabuhan Telaga Punggur pada sisi timur Pulau Batam menghubungkan dengan Ibu Kota Provinsi Kepri di Tanungpinang. Selain itu juga menghubungkan Batam dengan Tanjunguban dan pulau-pulau lain sekitar Batam.

“Dua pelabuhan tersebut akan dibangun layaknya pelabuhan internasional dengan dua lantai. Karena selama ini kondisi pelabuhan domestik jauh dibanding pelabuhan internasional,” kata dia seperti dilansir Antara.

Untuk Pelabuhan Domestik Sekupang, kata dia, permukaan lanatai akan ditinggikan agar tidak kebanjiran jika air laut pasang.

“Selama pembangunan, dua pelabuhan tetap bisa digunakan. Sistem pembangunanya per bagian-bagian, sehingga tidak perlu memindahkan ke pelabuhan sementara,” kata Djoko. (machda/risma)