Angkasa Pura 2

Mulai 26 Juni, Maskapai Asing Dapat Prioritas Tambahan Slot di Soekarno-Hatta

BandaraSenin, 16 Juni 2014
runway

JAKARTA (beritatrans.com) – Maskapai penerbangan asing mendapat prioritas mendapatkan tambahan slot penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini seiring dengan diterapkannya kapasitas landasan pacu atau improvement runway capacity 26 Juni 2014 mendatang.

“Sampai saat ini belum menentukan berapa banyak slot penerbangan yang bakal bertambah di Bandara Soekarno-Hatta. Persoalan tersebut itu bakal dirapatkan pada 23 Juni 2014 di Medan,” jelas Chairman Indonesia Slot Coordinator (IDSC), Hemi Pamuhardjo, Minggu (15/6/2014).

Dia menuturkan, jumlah penambahan slot penerbangan setiap jam tidaklah sama meski saat ini rata-rata jumlah penerbangan mencapai 64 kali per jam dan akan ditingkatkan menjadi 72 kali per jam.

Menurut Hemi, hal itulah yang perlu dipahami publik. Misalkan pada jam 07.00 sudah ada 68 penerbangan ya ditambahkan empat slot menjadi 72 atau pada jam 08.00 sudah ada 72 slot ya tidak akan ditambah. Jadi tambahan slotnya bervariasi.

“Kami akan memprioritaskan maskapai penerbangan asing untuk mendapatkan tambahan slot itu. Selain itu, maskapai penerbangan yang sudah mengantre untuk meminta slot penerbangan di bandara milik PT Angkasa Pura II itu juga bakal diberi tambahan slot,” katanya.

Hal itu itu tidak lain, kata Hemi, supaya penerbangan asing itu bisa membawa wisatawan dan mendorong pertumbuhan perekonomian antara negara asal maskapai dan Indonesia.

Apalagi, tambanya, prosesntase perbandingan pemberian slot kepada maskapai asing dan domestik katanya, bisa mencapai 60 persen untuk maskapai asing berbanding 40 persen bagi maskapai domestik atau 65 persen asing dan 35 persen domestik.

Dia menjelaskan, selama ini komposisi penerbangan di Cengkareng adalah 70% untuk maskapai domestik dan sisanya 30% untuk maskapai asing. Hal inilah yang menyebabkan banyak maskapai asing kesulitan masuk ke Indonesia lantaran tidak tersedia jatah slot. (machda)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari