Angkasa Pura 2

Tiap Tahun Indonesia Butuh 1000 Pelaut

Dermaga SDMMinggu, 22 Juni 2014
IMG02997-20140622-1230

SURABAYA (beritatrans.com) — Amino lulusan sekolah tingkat lanjutan atas (SLTA) kuliah di Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltekpel) Surabaya sangat besar rata-rata setahun 400-500 orang. Apalagi kebutuhan pelaut di Indonesia 1000 tiap tahun.

“Besarnya animo lulusan SLTA kuliah di Politeknik Pelayaran Surabaya ini karena kebutuhan sumber daya manusia bidang kemaritiman sangat besar. Apalagi hampir 100 persen lulisan PPS diserap perusahaan perkapalan,” tegas Kasubbag Keuangan dan Administrasi Umum Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Eko Sudarmato disela-sela kunjungan peserta lokakarya Sislognas Kementerian Perhubungan di Surabaya, Minggu (21/6/2014).

Menurut dian, rata-rata setiap tahun PPS kewalahan menerima calon mahasiswa baru. Namun karena kapasitas yang masih terbatas utk 3 jurusan, maka terpaksa dibatasi sesuai kapasitas.

“Jadi, tiap tahun kita batasi 400-500 mahasiswa. Untuk pendidikan pelaut jurusan Nautika dan teknika, D3 pelayaran jurusan nautika, teknika dan elektronika pelayaran,” ujar Eko.

Dia menambahkan, saat ini ada 760 siswa tinggal di asrama, dan 25 kelas yang berada di luar asrama. Selain itu: taruna perkapalan yang sudah punya ijazah, tapi mereka short course. “Jadi, total mahasiswa kita ada sekitar 1000 orang,” ujarnya.

Di samping mendidik taruna untuk calon pelaut, pelayaran dan elektro, ujar D. Purba, staf dosen Politeknik Pelayaran Surabaya, menambahkan, PPS juga banyak menerima para staf dari perusahaan kapal sekitar Surabaya.

Biasanya, kata Purba, mereka untuk meningkatkan kompetensinya atau mendapatkan sertifikasi. Bukan hanya pelaut, tapi juga SDM lain seperti elektronik kelautan dan nautika.

“Ya kita mendapat kepercayaan dari banyak mitra, misalnya pelni, swasta lain, pertamina, prusaahan surabaya industri,” papar Purba.

Kepala Subbag Keuangan dan Administrasi Umum Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Eko Sudarmanto, mengemukakan, -Politeknik Pelayaran Surabaya merupakan satu perguruan tinggi di Surabaya yang melaksanakan dan mengembangkan pendidikan profesional dengan program studi Manajemen Informatika, Teknik Komputer dan Komputersasi Akuntansi dengan berlandaskan pada kompetensi profesi setiap bidang, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang terlatih dan siap pakai dalam bidang jaringan komputer, pemrograman komputer dan sistem informasi akuntansi berbasis komputer.

“Sampai sekarang Politeknik Pelayaran Surabaya telah meluluskan hampir 1000 alumni yang sudah bekerja di berbagai instansi pemerintah, perusahaan, maupun wiraswasta,” jelasnya.(Leny/machda)

loading...