Angkasa Pura 2

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut 1-16 Juli

DermagaKamis, 26 Juni 2014
motor-pelabuhan merak

JAKARTA (beritattrans.com) – Bagi masyarakat yang ingin mudik gratis menumpang kapal laut bisa mendaftarkan diri mulai 1-16 Juli mendatang di Kementerian Perhubungan (Kemennhub). Hal ini mengurangi kepadatan lalu lintas dari pengguna sepeda motor.

“Bagi pendaftar harus membawa beberapa berkas sebagai persyaratan bagi masyarakat yang akan mengikuti mudik dengan kapal laut,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Menurut dia, kapal laut memiliki kapasitas angkut hingga 12.000 sepeda motor baik untuk keberangkatan maupun kepulangan pemudik. Langkah ini antisipasi pengurangan tingkat kepadatan lalu lintas dari pengguna sepeda motor sepanjang jalur mudik baik yang terdapat di jalan raya di Pantai Utara (Pantura) Jawa maupun kawasan jalur selatan.

“Keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Masyarakat yang akan mudik gratis dengan kapal laut memeroleh tiga tiket pergi-pulang, yakni untuk suami, istri dan anak di bawah 12 tahun per sepeda motornya, atau untuk dua dewasa dan satu anak,” jelas Barata.

Dia menambahkan, mudik dengan kapal laut, selain sepeda motornya, pemiliknya juga bisa turut serta. Mereka juga akan difasilitasi tempat tidur selama di atas kapal untuk dua orang per sepeda motor dan gratis dua kali makan dalam satu trip perjalanan.

Untuk keberangkatan mudik, lanjutnya, masyarakat bisa menyesuaikan waktu sesuai keinginan, yakni dari Tanjung Priok pada 24 atau 26 Juli dan dari Tanjung Mas berangkat pada 2 atau 4 Agustus 2014.

Ketentuan yang harus dilengkapi, menurut Barata, diantaranya masyarakat harus membawa motor atas nama sendiri yang sah, fotokopi STNK, SIM, KTP dan fotokopi KK bila sudah memiliki anak sebagai tanda keabsahannya.

Sedangkan untuk informasi lebih lanjut terkait mudik gratis dengan kapal laut ini juga bisa diakses melalui website mudikgratislebaran2014@dephub.go.id.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan memperkirakan jumlah pemudik pada Lebaran Idul Fitri Tahun 2014 bakal mencapai lebih dari 19 juta orang sehingga berbagai pihak terutama terkait sektor angkutan transportasi diharapkan kesiapannya.(machda)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari