Angkasa Pura 2

Cuaca Buru di Selat Sunda

Truk Ekspedisi Menumpuk di Pelabuhan Merak

DermagaJumat, 27 Juni 2014
Pelabuhan-Merak-Truk-Menumpuk

MERAK (beritatrans.com) — Ratusan truk ekspedisi yang hendak menuju Pulau Sumatera memadati Pelabuhan Merak hingga mengurai di sepanjang jalan raya Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

“Truk memadati jalan raya Cikuasa hingga Dermaga Merak sejak siang hingga sore hari,” kata Manajer PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak, Nana Sutisna, di Merak, Jumat (27/6/2014).

Ia mengatakan, pihaknya terus bekerja keras untuk mengatasi kepadatan angkutan truk ekspedisi agar bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Sebagian besar truk itu bermuatan kebutuhan bahan pokok dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

“Kami optimistis antrean truk bisa terurai malam nanti dengan mengoperasikan 28 kapal roro,” katanya.

Menurut dia, jumlah truk ekspedisi mencapai 650 unit memadati Pelabuhan Merak hingga mengular ke jalan raya Cikuasa Atas.

Kepadatan truk itu, kata dia, akibat cuaca buruk yang melanda Perairan Selat Sunda juga menjelang Ramadhan serta liburan sekolah. Selain itu, kedatangan truk ekspedisi ke Pelabuhan Merak secara bersamaan.

Karena itu, pihaknya mengoptimalkan petugas pengatur lalu lintas agar kendaraan yang masuk ke dermaga bisa langsung naik ke atas kapal. “Kami minta pengemudi truk tertib mengantre sehingga kondisi lancar,” ujarnya. (machda)