Angkasa Pura 2

Tak Hanya Bikin Mobil & Motor, Honda Juga Produksi Pesawat Jet

KokpitSelasa, 1 Juli 2014
honda-jet-630

JAKARTA (beritatrans.com) – Honda Motor Co akan segera mewujudkan “Civic of the Skies,” julukan tak resmi untuk pesawat jet pribadi yang sedang dikembangkan perusahaan. Produksi pesawat itu merupakan lompatan dahsyat produsen motor dan mobil dunia tersebut.

Versi produksi dari pesawat HondaJet itu terbang perdana pada 27 Juni, sebut perusahaan. Raksasa otomotif Jepang itu berharap “Civic of the Skies” bisa mendapat sertifikasi dan mulai beroperasi tahun depan.

Michimasa Fujino, presiden unit pesawat Honda, seperti dirilis Wall Street Journal, menyebut penerbangan perdana itu sebagai “pencapaian penting demi mengusung pesawat ringan tercanggih ke dalam pasar.”

“Civic of the Skies” lepas landas dari Piedmont Triad International Airport di North Carolina, Amerika Serikat. Menurut Honda, jet pribadi itu terbang hingga ketinggian 15.500 kaki atau 4,7 kilometer selama 84 menit penerbangan. Kecepatan pesawat mencapai sekitar 644 kilometer per jam.

Pesawat itu memiliki rancangan tak biasa, yakni menempatkan mesin di atas sayap, bukan di bawahnya. Tujuannya adalah memaksimalkan ruang kabin. Dengan penempatan itu, suara yang masuk ke kabin juga berkurang, sementara efisiensi bahan bakar semakin baik. Jet bisa mengangkut hingga lima penumpang.

Honda sudah membuka pesanan untuk “Civic of the Skies” di Amerika Utara dan Eropa. Jet dibanderol $4,5 juta. HondaJet akan bersaing dengan pesawat kecil dari pabrik ternama, termasuk Cessna Aircraft Co kepunyaan Textron Inc, Embraer, dan Cirrus Aircraft Co. Honda memperkirakan beberapa konsumen akan membeli jet mereka untuk keperluan pribadi, semacam liburan keluarga.

Markas Honda Aircraft berada di Greensboro, North Carolina. Di negara bagian Amerika Serikat itu, Wright bersaudara merakit pesawat pertama sedunia pada 1903.

Sejumlah perusahaan Jepang tengah berupaya merebut peran yang lebih besar dalam pasar pesawat global, yang kini didominasi pemain dari Amerika Utara, Eropa, dan Brasil. Pada 26 Juni, Mitsubishi Heavy Industries Ltd memasang mesin pada pesawat uji coba pertama dalam program Mitsubishi Regional Jet. Program ini berusaha merakit pesawat berkapasitas 70-90 kursi untuk penerbangan regional.

loading...