Angkasa Pura 2

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Bagi Pengendara Sepeda Motor

DermagaRabu, 2 Juli 2014
mudik motor

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar program mudik gratis lebaran tahun 2014/1435H menggunakan kapal laut khusus bagi pengendara sepeda motor.

“Kegiatan ini mendukung kelancaran arus mudik pada masa lebaran, mengurangi tingkat kecelakaan pengguna sepeda motor, mengurangi kepadatan lalu lintas jalur mudik, dan membantu masyarakat untuk dapat mudik dengan lebih aman dan nyaman,” ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt. Bobby R. Mamahit di Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Bobby menegaskan, mudik gratis menggunakan kapal laut ditujukan khusus kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pelabuhan yang dituju pada mudik gratis kali ini adalah Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Pelabuhan Panjang Lampung.

Menurut Bobby, rute mudik Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang terdiri dari 2 tahap yaitu tanggal 24 dan 26 Juli 2014 serta kembali dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju Tanjung Priok tanggal 2 dan 4 Agustus 2014.

Adapun rute mudik Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang Lampung pada tanggal 26 Juli dan kembali dari Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang tanggal 2 Agustus 2014.

Syarat pendaftar, jadwal dan cara pendaftaran serta ketentuan lainnya adalah sebagai berikut: Syarat pendaftar aksimal terdiri dari 2 orang dewasa dan 1 anak untuk 1 sepeda motor, mengisi formulir sesuai kota tujuan dan rencana sekali jalan atau pulang pergi, melengkapi fotokopi KTP pemudik, kartu keluarga, fotokopi STNK, wajib menunjukkan STNK, KTP, SIM yang asli, calon pemudik mendapat bukti pendaftaran.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa mendaftar secara online melalui website mudikgratislaut.dephub.go.id dapat diakses pada 16 Juni s.d. 16 Juli 2014. Pendaftaran melalui panitia bisa di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan 1-16 Juli, Pelabuhan Tj. Priok 1-22 Juli, pukul 08:00-15:30 Wib (hari kerja).
Rencana daftar ulang arus mudik akan dilaksanakan di Pelabuhan Tj. Priok tanggal 24 & 26 Juli 2014. Rencana daftar ulang arus balik akan dilaksanakan di Pelabuhan Panjang Lampung 02 Agustus 2014, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang 2 dan 4 Agustus 2014.

Ketentuan penerimaan sepeda motor pemudik tidak boleh ada modikfikasi/asesoris tambahan,
jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilik pada saat mudik, harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), harus dilengkapi dengan pegangan belakang, ukuran roda dan ban standar atau sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Selain itu, tidak diperbolehkan ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 (satu) liter/motor, kunci sepeda motor dapat diberikan kepada petugas/panitia pelaksana untuk dapat diparkirkan sesuai dengan warna stiker, kondisi sepeda motor layak jalan.

Bobby mengatakan, banyak manfaat yang didapat para pemudik peserta program mudik gratis dengan kapal laut ini, antara lain keselamatan pemudik lebih terjamin karena pemudik dapat beristirahat sebelum sampai di tempat tujuan. dilindungi oleh asuransi jiwa bagi seluruh anggota keluarga dan asuransi kerugian untuk sepeda motor.

Selain itu, katanya, disediakan fasilitas kesehatan, dokter dan obat-obatan, disediakan makan malam (buka puasa) & makan pagi (sahur), diberikan kaos dan masker bagi pengemudi sepeda motor, fasilitas wifi Internet, serta tauziah oleh ustadz.

“Mudik Gratis Menggunakan Kapal Laut komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mengurangi tingkat kecelakan sesuai dengan program strategis Kementerian Perhubungan yaitu Road Map To Zero Accident, untuk itu pemerintah mengharapkan agar para pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor dapat beralih memanfaatkan fasilitas mudik gratis tersebut,” tegas Dirjen Perhubungan Laut itu.(aw)