Angkasa Pura 2

Masyarakat Pulau Kabaena Harapkan Kapal Pelni Singgahi Sikeli

DermagaMinggu, 6 Juli 2014

PASARWAJO (beritatrans.com) – Warga masyarakat Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan kapal Cepat KM Cantika milik Pelni menyinggahi dermaga Sikeli, sehingga masyarakat pulau itu bisa mudah berakses dengan masyarakat di daerah lain di Indonesia.

“Saat ini, warga di Pulau Kabaena sedang menggalang tanda tangan, agar pihak Kementerian Perhubungan mau mengizinkan KM Cantika masuk di pelabuhan Sikeli,” kata Agus Jaya, tokoh pemuda Pulau Kabaena saat mereka menyampaikan harapan itu, di Baubau, Sabtu (5/7/2014).

Menurut dia, kapal cepat KM Cantika pernah menyinggahi Dermaga Sikeli, namun dihentikan karena para pemilik kapal rayat keberatan dengan kehadiran kapal cepat di Sikeli.

Akibat keberatan dari para pemilik kapal rakyat tersebut kata dia, pihak Kementerian Perhubungan menghentikan izin operasional KM Cantika.

“Saat ini, masyarakat Kabaena sangat membutuhkan sarana transportasi yang nyaman seperti KM Cantika. Warga tidak boleh lagi dipaksa naik kapal kayu dengan waktu tempu dari Sekeli ke Baubau sembilan sampai 10 jam,” katanya.

Ia mengatakan, kapal cepat KM Cantikan yang melayani Bombana – Baubau melewati Sikeli hanya butuh waktu sekitar tiga jam dari Baubau.

“Perbedaan waktu tempu antara kapal cepat dan kapal kayu, mendorong masyarakat Pulau Kabaena mengumpulkan tanda tangan agar Kementerian Perhubungan bisa mengizinkan KM Cantika singgah di Sikeli,” katanya.(machda)