Angkasa Pura 2

Tol Cikampek-Palimanan Dioperasikan Akhir 2015

KoridorSenin, 7 Juli 2014
Tol Cikampek - Palimanan

JAKARTA (beritatrans.com) – Proyek Tol Cikampek – Palimanan, Jawa Barat konstruksinya telah mencapai target 30% dari total panjang 116 Km. Akhir 2015, tol tersebut sudah bisa dioperasikan.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto (Djokir) menjelaskan, saat ini ia masih mendorong percepatan pembangunan. Semua pembabasan tanah telah rampung diselesaikan. Apabila tidak ada arah melintang, jaringan tol Trans Jawa tersebut nantinya bisa beroperasi di akhir 2015.

“Jika badan usahanya dipercepat, pemborongnya bagus, diprediksi akhir 2015 bisa langsung difungsikan, walaupun sebagian. Akhir tahun mudah-mudahan bisa secepatnya,” terang Djokir saat dikonfirmasi beritatrans, Senin (7/7/2014).

Bahkan, ruas tol lain dijaringan Trans Jawa juga sudah dikerjakan. Rencananya, tol ini nantinya secara signifikan bisa mengurangi tingkat kepadatan di jalur Pantura.

Dikatakan Djokir, ruas tol Pejagan-Pamalang yang dilakukan pembebasan lahan. Dua minggu lagi, ruas ini akan secepatnya dimulai pembangunannya.

“Pejagan-Pemalang terdiri dari 4 ruas, 2 ruas pembebasan tanah sudah hampir selesai, saya kira saat ini telah diproses, dalam seminggu dua minggu akan groundbreaking. Mulai dari Pejagan hingga Brebes belasan kilometer,” tambahnya.

Kemudian, ruas Batang-Semarang juga telah dalam proses negosiasi tanah. Ada beberapa bidang tanah yang dilalui tol ini yakni, milik BUMN.

“Itu tanahnya punya PTPN, jika kita bicara dengan pak dirutnya, mereka tidak keberatan apabila digunakan untuk jalan tol. Maka, semua masih dalam proses,” paparnya.

Sementara, untuk ruas lain seperti, Semarang – Solo, Semarang – Bawen, Solo – Ngawi, Ngawi -Kertosono, Mojokerto – Kertosono, dan ruas lainnya sedang dalam percepatan pembangunan. (leny)

Adapun ruas tol trans Jawa antara lain:
1. Cikampek-Palimanan (116 km)
2. Pejagan-Pemalang (58 km)
3. Pemalang-Batang (39 km)
4. Batang-Semarang (75 km)
5. Semarang-Solo (73 km)
6. Solo-Ngawi (90 km)
7. Ngawi-Kertosono (87 km)
8. Kertosono-Mojokerto (41 km)
9. Mojokerto-Surabaya (36 km)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari