Angkasa Pura 2

Bandara Hang Nadim Hadapi Lonjakan Jumlah Penumpang

BandaraRabu, 9 Juli 2014
BANDARA HANG NADIM BATAM

BATAM (beritatrans.com) — Pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan siap menghadapi lonjakan jumlah penumpang Idul Fitri 1435 Hijriah dengan perbaikan dan penambahan fasilitas seperti pengoperasian ruang tunggu dan garbarata baru.

“Bandara Hang Nadim siap mengantisipasi arus mudik. Sejumlah perbaikan dan penambahan fasilitas sudah dilakukan,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Selasa (8/7/2014).

Ia mengatakan, sejumlah maskapai penerbangan siap menambah jadwal penerbangan karena diperkirakan saat arus mudik 2014 akan terjadi kenaikan penumpang hingga delapan persen dibanding hari biasa.

Seperti dilansir Antara, Maskapai yang saat ini melayani penerbangan dari Hang Nadim Batam adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Firefly dan Malindo Air.

Selain melayani warga Batam yang mudik ke kampung halamannya, Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga menjadi tempat transit pemudik dari Malaysia yang menggunakan kapal feri ke Batam dan melanjutkan penerbangan menuju daerah asal.

“Banyak perubahan yang sudah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang. Tujuannya agar pelayanan kami lebih maksimal,” kata Suwarso.

Data arus mudik 2013 di Batam menunjukkan sebanyak 93.340 penumpang mudik menggunakan transportasi udara, sekitar 222.000 penumpang menggunakkan transportasi laut melalui pelabuhan yang ada di Batam.

Pada 2013, jumlah penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai sekitar 120 kali per hari dan diharapkan pada 2014 naik menjadi di atas 150 kali per hari.

Sebelumnya, perwakilan manajemen maskapai sudah berencana mengajukan tambahan penerbangan untuk melayani permintaan penumpang yang ingin merayakan Idul Fitri.

Maskapai Sriwijaya Air rencananya akan mengajukan penerbangan tambahan ke Medan, Citilink akan menambah frekuensi penerbangan tujuan Jakarta dan Surabaya, serta kemungkinan menambah jadwal penerbangan ke Padang yang pada hari biasa dilayani tiga kali.

Maskapai Lion Air juga berencana menambah penerbangan jika terjadi lonjakan permintaan tiket selama masa libur Idul Fitri dari Batam ke Padang, Surabaya dan Medan.(machda)

loading...