Angkasa Pura 2

Pemkota Pekalongan Siapkan 591 Angkutan Lebaran 2014

KoridorSabtu, 12 Juli 2014
bus di terminal

PEKALONGAN (beritatrans.com) — Pemerintah Kota Pealongan, Jawa Tengah, akan menyiapkan sedikitnya 591 angkutan sebagai upaya mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2014.

“Sebanyak 591 angkutan tersebut terdiri atas 79 bus antar kota antar provinsi (AKAP), 331 antar kota dalam provinsi, dan sisanya angkutan yang melayani jalur perdesaan dan perkotaan,” jelas Kepala Terminal Bus Pekalongan, Ali Tas’an di Pekalongan, Sabtu (12/7/2014).

Menurut dia, setiap bus ini memiliki kapasitas penumpang yang berbeda-beda. Akan tetapi, tujuan penyediaan bus tersebut untuk mengantisipasi penumpang Lebaran menumpuk di terminal bus.

Ia mengatakan, selain menyiapkan bus AKAP dan AKDP, pemkot juga telah menyiagakan sebanyak 25 bus pariwisata sebagai cadangan apabila terjadi lonjakan penumpang Lebaran.

“Jika dibanding tahun sebelumnya, jumlah bus cadangan yang disedikan untuk angkutan Lebaran 2014 lebih sedikit ini. Pada tahun sebelumnya kami menyediakan 50 bus cadangan tetapi pada tahun ini hanya 25 unit saja,” katanya seperti dilansir Antara.

Untuk memberikan kenyamanan penumpang, jelasnya, pemkot juga akan menggelar uji kelaikan bus angkutan Lebaran mulai 14-16 Juli mendatang.

Uji kelaikan angkutan tersebut, kata dia, terdiri atas pengecekana mesin, sistem pengereman dan emisi gas buang, serta lainnya.

“Uji kelaikan angkutan Lebaran 2014 akan kami lakukan di terminal bus dan pool-pool bus,” katanya.(machda)