Angkasa Pura 2

Hadapi Angkutan Lebaran, Ditjen Hubla Perkuat Koordinasi Antarinstansi

DermagaTuesday, 15 July 2014

Jakarta (beritatrans.com) – Menghadapi masa angkutan lebaran 2014/1435 H, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubal) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkuat koordinasi antar inntansi dan stakeholder pelayaran. Koordinasi tersebut dikemas dalam bentuk Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran 2014/1435 H di Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (14/7).

Koordinasi antar instansi dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan sebagai inspektur upacara. “Beliau sekaligus meresmikan masa penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2014 yang dimulai sejak 13 Juli hingga 13 Agustus 2014,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Bobby R. Mamahit.

Bobby mengatakan, bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut lebaran ini akan dilakukan kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Angkutan Laut lebaran tahun 2014 (1435 H). Posko ini merupakan bagian dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu Kementerian Perhubungan.

“Posko ini akan mengkoordinir seluruh kegiatan angkutan laut lebaran, baik pemantaun maupun pengendalian lalu lintas angkutan lauta,” ujar Bobby.

Menurut Bobby, angkutan laut lebaran kali ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut sebesar 3,00% dibandingkan tahun lalu, yakni dari 1.528.141 orang menjadi 1.573.986 orang.

Mengantisipasi peningkatan penumpang tersebut, Ditjen Hubla telah menyiapkan armada kapal laut selama masa lebaran sebanyak 1.259 unit dengan kemampuan angkut sebanyak 3.359.094 orang penumpang. Ditjen Hubla juga melakukan pemantuan pada 52 pelabuhan yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang.

“Kami juga akan melakukan uji petik terhadap pemenuhan standar keselamatan pelayaran pada pelabuhan-pelabuhan yang banyak menangani kapal penumpang,” ujar Bobby.

Selain itu, Ditjen Hubla juga menyelenggarakan “Mudik Gratis Dengan Mengunakan Kapal” bagi para pemudik yang menggunakan roda dua (motor).

Mudik Gratis ini akan mengangkut para pemudik dan sepeda motornya melalui rute Pelabuhan Tanjung Priok – Tanjung Emas, Semarang dan Pelabuhan Tanjung Priok – Pelabuhan Panjang.

Pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dilaksanakan 24 dan 26 Juli 2014 dan kembali dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 2 dan 4 Agustus 2014. Sedangkan untuk pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang dilaksanakan 26 Juli 2014 dan kembali 2 Agustus 2014.

“Kami berharap, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar, tertib, aman dan nyaman serta dapat mengurangi kepadatan dan kecelakaan yang terjadi pada masa angkutan lebaran tahun ini,” kata Bobby. (aliy)