Angkasa Pura 2

Hore! Mudik Kapal Laut Gratis Dibuka Lagi

DermagaRabu, 16 Juli 2014
Mudik Gratis Kapal Laut 1

Jakarta (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan membuka kembali pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal laut untuk pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Penambahan kuota mudik gratis tersebut seiring dengan masih tingginya minat masyarakat yang ingin mudik gratis dengan menggunakan kapal laut.

“Mulai Rabu, 16 Juli kita buka kembali pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut. Program ini akan ditutup pada tanggal 22 Juli atau bila kuota sudah terpenuhi,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit saat pemaparan press backround Angkutan Lebaran Kapal Laut di Jakarta, Selasa (15/7).

Bobby mengatakan, untuk mengangkut pemudik gratis tambahan tersebut pihaknya akan menyediakan kapal berkapasitas 1500 penumpang yang dibiayai oleh APBN. Selain itu TNI AL juga sudah berkomitmen untuk membantu mengangkut pemudik gratis dengan menyediakan kapal dengan kapasitas 1000 penumpang.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Harry Budiarto menjelaskan, dengan kapal yang ada, pihaknya siap mengangkut pemudik gratis tambahan sekitar 1500 orang dan 800 unit sepeda motor. Sedangkan kapal TNI AL siap mengangkut 1000 orang dengan 400 unit sepeda motor.

“Program tambahan ini murni karena melihat masih begitu banyaknya minat masyarakat yang ingin ikut program mudik gratis dengan kapal laut,” kata Harry.

Selain kapal TNI AL, kata Harry, pihaknya tidak melakukan penambahan kapal pengangkut. Sebab, kapal yang nanti akan mengangkut tambahan pemudik gratis tersebut akan menggunakan kapal yang semula akan melayani para pemudik gratis dari Pelabuhab Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

“Minat pemudik gratis untuk rute Tanjung Priok ke Lampung kurang. Maka kapalnya kami alihkan untuk melayani para pemudik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang yang peminatnya masih tinggi,” kata Harry.

Meskipun demikian, para pemudik gratis tujuan Lampung yang sudah terlanjur mendaftar tidak usah khawatir tidak berangkat. “Tapi moda transportasinya kita ubah yaitu menggunakan bus. Sedangkan motornya diangkut oleh truk,” ujarnya. (aliy)

  • ardy

    ini baru mantap,inilah salah satu contoh lembaga pemerintahan yg mau memperhatikan kesulitan rakyat ,100 jempol untuk departemen perhubungan..

  • Arita

    syarat pendaftarannya gimana?