Angkasa Pura 2

Pelabuhan Merak Kembali Dipadati Truk Ekspedisi

DermagaRabu, 16 Juli 2014
Pelabuhan-Merak-Truk-Menumpuk-141212-af

MERAK (beritatrans.com) – Mendekati hari lebaran Idul Fitri, truk-truk ekspedisi lintas Jawa-Sumatera terus mengalir. Akibatnya, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, kembali dipadati truk ekspedisi yang hendak menuju Pulau Sumatera.

“Kami terus bekerja keras untuk mengatasi antrean truk ekspedisi itu agar berjalan lancar,” kata Manajer Usaha Pelabuhan PT ASDP Cabang Merak, Nana Sutisna, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, melonjaknya truk tersebut akibat permintaan logistik di Pulau Sumatera meningkat menjelang Lebaran.

Di sisi lain, Nana mengaku, PT ASDP belum melarang truk melintasi penyeberangan Pelabuhan Merak. Lonjakan truk di Pelabuhan Merak mulai terjadi dinihari hingga pagi.

Bahkan, saat ini truk ekspedisi memadati Dermaga III dan IV untuk naik ke atas kapal yang bersandar di Pelabuhan Merak.

Diperkirakan truk ekspedisi sekitar 3.210 unit diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Sedangkan penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan relatif normal.

“Kami melihat penumpang pejalan kaki dan pengguna kendaraan pribadi belum melonjak,” katanya.

Menurut dia, truk ekspedisi yang hendak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung itu mengangkut logistik, seperti kebutuhan bahan pokok, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, mengangkut barang kelontongan, meubel, elektronika dan pakan ternak.

“Pekan depan semua truk ekspedisi dilarang melintasi penyeberangan Pelabuhan Merak, karena lonjakan penumpang arus mudik Lebaran,” katanya.

Suherman, salah seorang sopir truk warga Palembang mengatakan dirinya sejak dinihari menunggu antrean agar bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Namun, hingga siang ini masih belum naik ke atas kapal. “Kami berharap sore ini sudah bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni,” katanya.(machda)