Angkasa Pura 2

TPKS Siap Jadi Anak Perusahaan Pelindo III

DermagaRabu, 16 Juli 2014
tpks-1 semarang

SEMARANG (beritatrans.com) — Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) siap menjadi anak perusahaan PT Pelindo III sehingga diharapkan pasca pergantian status tersebut perusahaan menjadi lebih fleksibel dan lincah.

“Harapannya awal tahun depan bisa terwujud, kami menjadi anak perusahaan atau PT sedangkan Pelindo III akan bertindak sebagai komisaris,” ujar General Manajer TPKS, Iwan Sabatini di Semarang, Rabu (16/7/2014).

Bedanya dengan saat ini ketika TPKS sudah menjadi anak perusahaan maka manajemen akan menjalankan perusahaan menjadi lebih fleksibel, lincah, dan mandiri.

“Kalau sekarang kami masih berada di bawah Pelindo III jadi secara birokrasi TPKS masih meminta persetujuan kepada kantor pusat, mendatang tidak perlu begitu,” jelasnya, seperti dirilis Antara.

Iwan mengatakan ke depan TPKS bisa melakukan ekspansi ke sejumlah daerah dan bekerja sama dengan negara lain di antaranya Singapura dan Brunei yang merupakan negara dengan potensi baik untuk pemasaran.

Pada tahap awal pihaknya berupaya untuk menggalang kekuatan industri dan hiterland atau daerah yang terkoneksi dengan pelabuhan di antaranya mencakup wilayah Ungaran dan Demak.

Ke depan jika sudah menjadi anak perusahaan, TPKS akan segera menyusun rencana pengembangan mengingat hal tersebut akan berpengaruh terhadap besaran deviden yang akan dibagikan kepada komisaris.

“Kami masih berusaha untuk melihat potensi yang ada di hinterland, jika semua sudah on the track maka di tahun berikutnya kami akan segera menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki potensi baik,” jelasnya.

Iwan optimis rencana tersebut akan berjalan lancar mengingat pertumbuhan kinerja TPKS yang menggembirakan.

Pada semester I tahun ini TPKS telah menyelesaikan kegiatan yaitu bongkar muat sebanyak 183.282 boks atau 294.466 Teu’s, angka tersebut meningkat 20,8 persen jika dibandingkan pada periode sama tahun lalu yang mencapai 243.751 Teu’s.(machda)