Angkasa Pura 2

Pemerintah Akan Perdalam Kolam Pelabuhan Cirebon

DermagaKamis, 17 Juli 2014
Cirebonport

Cirebon (beritatrans.com) – Pemerintah berencana akan memperdalam kolam pelabuhan Cirebon, Jawa Barat dari yang sekarang hanya sekiar 5 meter menjadi sekitar 7 meter. Rencana tersebut seiring dengan rencana pemerintah membangun koridor laut Cirebon pada 2015 mendatang.

“Kedalaman pelabuhan Cirebon saat ini hanya 5 meter, sehingga kapal besar tidak bisa masuk ke dermaga pelabuhan. Akibatnya pelabuhan Cirebon hingga kini masih sepi dari aktivitas pelayaran,” kata Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan saat meninjau kesiapan Pelabuhan Cirebon dalam menghadapi arus angkutan mudik lebaran 2014.

Pada kunjungan tersebut Menhub E.E. Mangindaan didampingi oleh Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit dan Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoesa.

Menhub mengatakan, pembangunan koridor laut di wilayah Cirebon akan memudahkan kapal-kapal besar merapat ke dermaga. Sehingga aktivitas pelayaran dan bongkar muat di pelabuhan ini semakin ramai.

Selain itu, kata Menhub, dengan optimalnya fungsi pelabuhan Cirebon, maka diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya pantura yang saat ini sudah semakin berat. Pelabuhan itu pun nantinya diharapkan dipadati oleh kapal-kapal besar dengan berbagai komoditas. Sebab, selama ini kapal yang banyak bersandar di pelabuhan ini lebih didominasi oleh kapal pengangkut batubara.

“Ke depannya diharapkan akan ada barang-barang lain yang bisa meningkatkan perdagangan melalui pelabuhan ini, misalnya rotan dan minyak goreng,” katanya.

Menhub mengakui, kebijakannya tersebut setelah mendengar masukan Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno dan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik

Menurut Mangindaan, rencana pembangunan koridor laut Cirebon akan diselaraskan dengan rencana Pemerintah Daerah Jawam Barat yang akan membangun jalur kereta api menuju pelabuhan Cirebon. Saat ini detail rencana desain pembangunannya masih dalam tahap penyusunan. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari