Angkasa Pura 2

Jelang Lebaran, Pengiriman Motor Via Kereta Api Melonjak

EmplasemenFriday, 18 July 2014

Jakarta (beritatrans.com) – Jasa pengiriman barang via kereta api di kawasan Senen, Jakarta Pusat, mengalami kenaikan pengiriman, terutama motor, karena banyaknya pemudik yang mengirimkan motor ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri 2014.

“Dari Senin kemarin sudah banyak yang kirim. Peningkatan terjadi biasanya waktu H-5,” ujar kepala unit jasa pengiriman barang PT. Herona Express, Wahyudin kepada Antara di Jakarta, Jumat (18/07/2014).

Menurut Wahyudin, pengiriman yang mengalami peningkatan adalah motor dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Pulau Bali.

“Kalau lebaran yang banyak jalur-jalur selatan, Yogyakarta, Surabaya, Malang, ke Pulau Bali juga,” jelas Wahyudin.

Wahyudin mengatakan selama Ramadan ini sudah ada sekitar 100 unit motor yang terkirim, dan masih ada 40 unit motor yang belum dikirim. Pihak PT. Herona Express untuk Jumat ini tidak melakukan pengiriman karena gerbong pengiriman barang di Stasiun Kereta Api Pasar Senen sudah penuh.

PT. Herona Express mematok biaya Rp400 ribu hingga Rp700 ribu per unit motor bebek dengan jangka waktu pengiriman untuk wilayah Pulau Jawa satu hingga dua hari, dan pengiriman ke Pulau Bali hingga tiga hari.

Peningatan juga dirasakan oleh PT. Lintas Nusantara Perdana yang merasakan peningkatan pengiriman barang, terutama motor mencapai 300 persen dibandingkan hari biasa.

“Dibanding hari biasa kita mencapai 300 persen peningkatannya,” ujar kepala unit PT. Lintas Nusantara, Yadi seperti dilansir Antara.

Yudi menyatakan bahwa jasa pengirimannya hanya menggunakan jasa kereta api dengan tujuan Pulau Jawa dan Bali. Dia juga menambahkan bahwa selama Ramadan 2014 mereka telah melakukan pengiriman 1500 unit motor.

Yudi menambahkan bahwa tarif yang digunakan untuk jasa pengirimannya tergantung dari jauh dekatnya wilayah, untuk wilayah Jawa Tengah mulai dari Rp400 ribu, Jawa Timur mulai dari Rp500 ribu, dan Pulau Bali mulai dari Rp800 ribu. (risma)