Angkasa Pura 2

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Pasti Terwujud

KoridorSabtu, 19 Juli 2014
Rencana Jalan Tol Serang-Panimbang

PANDEGLANG (beritatrans.com) — Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Erwan Kurtubi menyatakan, pembangunan jalan tol Serang-Panimbang Pandeglang, pasti terealisasi.

“Pasti teralisasi karena sudah masuk program pemerintah pusat, jadi tinggal menunggu pelaksanaannya saja,” katanya di Pandeglang, Jumat (18/7/2014).

Jalan tol itu, kata dia, merupakan salah satu penunjang utama pembentukan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

“Pemerintah pusat telah menetapkan Pandeglang sebagai lokasi pembentukan KEK pariwisata, jadi dengan sendirinya pembangunan jalan tol juga akan direalisasikan karena sebagai penunjang penting,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pemerintah rencananya akan membangun jalan tol Serang-Pandeglang sepenjang 83 kilometer dengan rute melewati tiga kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

Bupati juga menjelaskan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang, Kabupaten Pandeglang diambil alih oleh pemerintah karena pihak swasta yang semua akan mengerjakan proyek tersebut telah menyatakan ketidaksanggupannya.

“Awalnya pembangunan jalan tol tersebut akan dilakukan oleh swasta karena perhitungan bisnis kurang menguntungkan akhirnya diserahkan pada pemerintah,” katanya.

Kalau sesuai jadwal awal dan pihak swasta jadi menangani pembangunan jalan tol tersebut, seharusnya infrastruktur itu sudah mulai dibangun pada awal 2014.

“Karena pihak swasta menyerah dan diserahkan pada pemerintah, akhirnya pelaksanaannya diundur kembali,” ujarnya.

KEK pariwisata akan dibangun di kawasan wisata Pantai Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Kawasan ekonomi khusus pariwisata tersebut meliputi Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. Nantinya, kawasan wisata Tanjung Lesung dijadikan `master design` pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia.(machda)