Angkasa Pura 2

PU Targetkan Pemasangan Jembatan Darurat Comal Selesai Lima Hari

KoridorSabtu, 19 Juli 2014
Jembatan Comal

Jakarta (beritatrans.com) – Kementerian Pekerajaan Umum (PU) menargetkan pemasangan jembatan darurat Comal yang amblas pada Kamis (17/07/2014) malam akan dituntaskan dalam waktu lima hari ke depan.

“Penanganan tersebut akan memakan waktu kurang lebih selama lima hari mendatang dan sudah bisa dimanfaatkan untuk lalu lintas, terutama menghadapi mudik lebaran,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian PU Djoko Mursito menjawab pers di Jakarta, Jumat.

Akibatnya, jalur lalu lintas lumpuh dari Jakarta ke Semarang dan sebaliknya, sehingga lalu lintas di lokasi tersebut harus dialihkan.

“Saat ini lalu lintas dari arah Semarang dialihkan melalui jalur selatan, sedangkan dari arah Jakarta dialihkan melalui Tegal,” katanya.

Kepala BBPJN V Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU Hedi Rahadian mengatakan amblesnya jembatan Comal tersebut disebabkan karena pondasi jembatan tersebut terkena banjir Februari 2014.

Oleh karena itu, lanjutnya, hal itu mengakibatkan strukturnya mengalami perubahan pergerakan tanah yang menyebabkan amblesnya jembatan tersebut.

“Saat ini sedang dilakukan pengerukan, setelah selesai, penanganannya bisa dengan pemasangan gorong-gorong Aremco atau dengan jembatan Bailey,” kata Hedi seperti dilansir Antara.

Jembatan tersebut panjangnya 120 meter dengan lebar 2×6 meter dan dibangun pada tahun 2003 (arah menuju Jakarta) dan 1989 (arah menuju Semarang).

“Jembatan yang mengalami amblas itu adalah yang dibangun pada 1989, namun karena berdekatan jembatan yang dibangun 2003 pun ikut amblas,”kata Hedi. (aliy)