Angkasa Pura 2

Bandara Ngurah Rai Mulai Dipadati Penumpang

BandaraSelasa, 22 Juli 2014
Bandara Ngurah Rai

Kuta (beritatrans.com) – Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, mulai dipadati para pemudik pada tujuh hari menjelang perayaan Idul Fitri 1435 Hijriah.

“Pergerakan penumpang dan pesawat mulai melonjak pada H-7 Lebaran,” kata General Manajer PT Angksa Pura I Ngurah Rai, Herry AY Sikado di Kuta, Kabupaten Badung, Selasa (22/7/2014).

Menurut dia, berdasarkan catatan dari posko mudik setempat, jumlah penumpang domestik yang telah meninggalkan Pulau Dewata pada Senin (21/7) atau H-7 Lebaran tercatat sebanyak 10.833 orang atau melonjak sekitar delapan persen jika dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya.

“Jumlah tersebut meningkat sekitar delapan persen dibandingkan periode sebelumnya sekitar 9.967 orang,” katanya.

Jumlah penumpang itu diangkut dengan menggunakan pesawat sebanyak 103 buah.

Meski mengalami peningkatan, namun jumlah penumpang yang tiba di Pulau Dewata juga mendekati jumlah penumpang yang mudik tercatat mencapai 10.648 orang atau naik tiga persen jika dibandingkan periode sama tahun 2013.

“Jumlah penumpang itu diangkut dengan menggunakan 108 pesawat terbang,” ucap Sikado seperti dikutip Antara.

Sementara itu untuk kedatangan internasional, tercatat sebanyak 11.299 orang atau naik sekitar lima persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 10.734 orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan, otoritas bandara setempat juga menambah jumlah troli sebanyak 400 unit.

“Operasional bandara berjalan aman dan lancar. Kami juga telah melakukan persiapan di antaranya menambah troli,” katanya. (risma)