Angkasa Pura 2

Selama Angkutan Lebaran 2014, Basarnas Siagakan 1.682 Personil

Another NewsRabu, 23 Juli 2014
Basarnas

Jakarta (beritatrans.com) – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) siaga 24 jam selama masa Angkutan Lebaran 2014 (7-H+7) untuk mengatasi berbagai kendala jika terjadi dengan mengerahkan 1.682 personil dan berbagai sarana yang dimiliki.

“Kita siaga 24 jam, meskipun selama masa angkutan lebaran baik di kantor pusat maupun 33 kantor SAR daerah serta 57 pos SAR daerah dengan kendali operasi di Posko kantor pusat IDMCC,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo usai apel siaga di halaman kantor Basarnas Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Soelistyo mengatakan, selama angkutan lebaran setiap hari ada tiga tim selama 24 jam bergantian untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan.

“Di kantor SAR sendiri ada tiga tim siaga yang akan diterjunkan di tempat- tempat kejadian. Kita juga punya 50 personil untuk dikirim ke daerah operasi,” jelas Soelistyo.

Kepala Humas Basarnas Sumpeno Yuwono menambahkan, melihat kondisi cuaca yang tidak menentu pihaknya menfokuskan pada wilayah perairan, penyeberangan, sungai dan danau dengan menyiapkan 47 unit kapal.

” Fokus kami adalah penyeberangan Merak-Bakaheuni, Ketapang-Gilimanuk, lintas jalur utara dan selatan Jawa, perairan timur Sumatera Utara dan sejumlah pusat rekreasi,” katanya.

Basarnas juga menyiapkan tiga unit helikopter untuk memantau melalui udara, kapal boat untuk penanganan sungai serta rigit inflatable boat. (risma)