Angkasa Pura 2

Kapolri Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

DermagaKamis, 24 Juli 2014
IMG-20140724-01199_edit

LAMPUNG  (beritatrans.com) – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), pantau pengaman dan pelayanan arus mudik, hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriyah, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (24/7), sekitar 09.30 WIB.

Kapolri, Jenderal Polisi. Drs Sutarman didampingi Wa Ir Wasum Mabes Polri, Irjen  Pol. Drs Andayono, Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Pol. Drs Putut Eko Bayu Seno, di ikuti Kapolda Lampung, Gubernur Lampung, Kajati Lampung, Pejabat Utama Polda Lampung, Asisten I Provinsi Lampung, Adehan, Kadis Kes, Kadis Hub, Kadis Kesbang, Kepala ASDP, Bupati Lampung Selatan, dan Kapolres Lampung Selatan.

Sutarman mengatakan, pada H-4 dan H-3 lonjakan penumpang bisa mencapai 20.000 penumpang. Lonjakan yang terjadi, karena  karyawan yang ada di daerah Banten dan Tanggerang perusahaan baru mengeluarkan tunjangan hari raya (THR).Sehingga para pemudik, yang bekerja di Pulau Jawa telah bersiap untuk melaksanakan mudik dan akan sampai pada Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 19.30 WIB.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, anggota telah disiagakan untuk mengantisipasi dan mengatasi segala hal yang akan terjadi seperti kemacetan dan penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Dilihat dari persiapan, tim gabungan Operasi Ketupat Krakatau 2014, semua sudah dalam kondisi siaga untuk menghadapi arus mudik lebaran. Pengawalan kendaraan pemudik dari Pelabuhan Bakauheni ke Terminal Induk Rajabasa telah di lakukan, posko pengamanan dan pelayanan serta lokasi parkir yang disediakan juga telah beroperasi sesuai dengan fungsinya.

Sementara itu, Kapolda Lampung, Brigjen Pol. Drs. Heru  Winarko, SH menyampaikan, kesiapaan Polda Lampung dalam rangka Operasi Ketupat Krakatau 2014, Dermaga yg disiapkan  beroperasi ada 6 dermaga.

Selain itu, untuk menyambut datang pemudik telah dipasang tenda-tenda supaya tidak kepanasan. kapal yang disiapkan untuk beroperasi sebanyak 43 kapal.

Untuk sementara sebanyak 27 kapal yang telah dioperasikan untuk mengangkut penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten-Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Dari data yang dihimpun tim gabungan Operasi Ketupat Krakatau, dia mengemukakan antisipasi dimulai sejak H-5 akan meningkat yg di khawatirkan jumlah lonjakan mencapai 40 ribu pemudik atau 2 kali lipat jumlahnya.

“Sehingga fasilitas sarana-prasarana yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung dan melayani jumlah tersebut. Oleh sebab itu, Saya berharap kepada pemudik untuk tidak menunda pejalanannya agar tidak terjadi penumpukan dan kemacetan.”ungkap Kapolda.

Usai melangsungkan pertemuan di gedung ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Kapolri beserta rombongan di dampingi Jendral Meneger ASDP Cabang Bakauheni, memantau posko pelayanan lebaran 2014 Polres Lampung Selatan, 8 loket tiket, dan Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.(Koesma) 
 

loading...