Angkasa Pura 2

Hari – Hari Perawat PMI Siaga di Stasiun Kota

EmplasemenJumat, 25 Juli 2014
PMI jakarta barat

JAKARTA (beritatrans.com) – Di tengah ribuan pemudik Lebaran yang datang di Stasiun Kota, Jakarta Barat, seorang perempuan berjaga di Posko PMI Jakarta Barat.

Sejak digelarnya putaran arus mudik Lebaran di stasiun tersebut, perempuan berjilbab tersebut membantu dokter jaga melayani calon pemudik Lebaran, yang mengaku kesehatannya terganggu.

Santi, nama perawat itu. Dia tampak begitu semangat dan rajin tersenyum saat melayani calon penumpang kereta, yang hendak pulang ke kampung halaman untuk berlebaran dengan handai taulan.

“Rata-rata sekitar 10 orang datang setiap hari. Sebagian besar mengeluh pusing dan maag. Saya bantu mengukur tensi mereka, lalu dokter memberikan obat,” tutur perempuan yang sebelumnya bertugas bertahun-tahun di Puskesmas Tambora, Jakarta Barat, itu.

Dia mengemukakan pelayanan medis itu dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat. “Dari pemeriksaan sampai obat, tidak perlu bayar. Biaya ditanggung PMI,” ujarnya, Jumat (25/7/2014).

Dibandingkan tahun lalu, dia mengungkapkan jumlah calon pemudik lebaran, yang datang ke posko kesehatan relatif lebih sedikit tahun ini. “Mungkin sudah tinggi kesadaran calon pemudik agar lebih fit sebelum menempuh perjalanan jauh,” ujarnya.

Lalu kapan Santi akan mudik lebaran. “Ya nggak tahu. Mungkin habis lebaran,” ujar perempuan yang orangtuanya berasal dari Cirebon, Jawa Barat, tersebut. (gilang).