Angkasa Pura 2

Bagus: Seluruh Bus DAMRI Lebaran Wajib Dicek Kelaikan & Keandalan

KoridorSabtu, 26 Juli 2014
IMG_20140726_185944_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Seluruh bus DAMRI, yang dikerahkan untuk mengangkut pemudik Lebaran di Terminal Kemayoran, Jakarta pusat, wajib dicek kelaikan dan keandalannya.

“Begitu datang, bus wajib masuk ke pool teknik. Diperiksa seluruh komponen vital, yang biasanya memiliki potensi rusak atau aus di jalan,” ungkap Direktur Teknik Perum DAMRI Bagus Wisanggeni kepada beritatrans.com, Sabtu (26/7/2014) malam.

Ditemui di pool teknik Kemayoran, dia menuturkan untuk mendukung cek kelaikan dan keandalan tersebut, sebanyak 11 mekanik disiagakan selama 24 jam sejak H-7 Lebaran. Petugas teknik tersebut memiliki kompetensi dan skill terbaik dalam bidang pemeliharaan dan perawatan bus.

Untuk kebutuhan sukucadang, Bagus mengutarakan disiapkan stok memadai onderdil, ban dan oli. “Seluruh onderdil itu original. Tidak boleh ada satu pun yang imitasi. Kami berpatokan kepada manual book teknik. Selain itu, kami amat menjunjung tinggi aspek keselamatan,” tegasnya.

Sejauh ini, dia menuturkan beberapa bus mesti diganti kanvas rem, plat kopling dan ban. “Penggantian tersebut merupakan keharusan agar kenyamanan dan keselamatan dalam pelayanan kepada pemudik Lebaran, terselenggara dengan sebaik mungkin,” cetusnya.

Bagus Wisanggeni, yang mesti pindah kantor sejak H-7 Lebaran ke pool teknik itu, mengemukakan hujan deras yang beberapa hari terakhir mengguyur Jakarta, tak menghalangi dalam upaya pengecekan kelaikan dan keandalan armada DAMRI.

“Karena kami memiliki ruang khusus yang bebas dari terik matahari dan hujan, sehingga pengecekan dan perbaikan dapat digelar dengan nyaman,” ungkap mantan General Manager DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soekarno-Hatta tersebut. (aliy/aw).

loading...