Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla ‘Selamatkan’ 6 Pemudik Motor ke Kapal Pelni

DermagaSabtu, 26 Juli 2014
IMG_20140726_155347_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Betapa girangnya Rizal (31) dan lima orang temannya ketika mendengar keputusan bahwa dia bisa ikut pulang mudik gratis bersama kapal Pelni.

Pasalnya dia bersama kelima temannya sudah terlambat naik kapal penumpang milik PT ASDP Indonesia Ferry yang sudah berangkat lebih dulu dari kapal milik PT Pelni.

“Alhamdulillah. Terima kasih Pak Dirjen Perhubungan Laut, saya dan teman-teman masih diizinkan ikut mudik gratis dengan kapal Pelni. Saya memang terlambat naik ke kapal ASDP,” kata Rizal yang akan mudik ke Tegal bersama lima orang temannya dengan menggunakan tiga sepeda motor.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Bobby R Mamahit memang memerintahkan kepada Otoritas Pelabuhan dan Syahbandar Tanjung Priok untuk mengangkut enam orang warga yang hendak mudik ke Tegal dan datang terlambat itu.

Padahal saat mereka datang, pintu gerbang kapal untuk memasukkan kendaraan sudah tertutup. Bahkan tangga penumpang untuk masuk ke dalam kapalpun sudah diangkat. Akhirnya orang dan motornya terpaksa dinaikan melalui tangga.

“Kasihan mereka sudah jauh-jauh datang ke sini kalau tidak terangkut. Apalagi tujuannya jauh, ke Tegal. Sudah sore juga, kasihan dia kalau naik motor ke Tegal. Bisa-bisa kemalaman di jalan,” cetus dirjen.

Meskipun demikian, Bobby berharap kejadian seperti ini jangan terulang lagi di tahun-tahun mendatang. Sebab, meskipun ini angkutan gratis, tetapi tetap harus mengikuti aturan-aturan yang ada demi keselamatan penumpang dan kapal.

“Sebaiknya calon penumpang kapal harus sudah ada di pelabuhan minimal 2 jam sebelum jadwal keberangakatan. Kali ini dimaafkan karena mereka mengaku baru kali ini ikut program mudik gratis dan mereka memang sudah memegang tiket kapal yang sah,” kata Bobby.

Redemkus Primus (30), salah seorang kawan Rizal yang bernasib sama tertinggal kapal ASDP mengaku bahwa dia dan lima temannya baru sekali ini ikut program mudik gratis menggunakan kapal laut.

“Saya janji tahun depan tidak akan terlambat. Tahun ini memang saya baru mau mencoba ikut mudik dengan kapal laut,” katanya. (aliy/aw)

loading...