Angkasa Pura 2

Hari Ini, Kemenhub Kembali Berangkatkan Pemudik Kapal Laut Gratis

DermagaSabtu, 26 Juli 2014
Bobby Nakhoda

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali memberangkatkan para pemudik kapal laut gratis melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, hari ini, Sabtu (26/7/2014).

Pemberangkatan pemudik gratis kali ini juga akan menggunakan KMP Ciremai dengan mengangkut 2.414 penumang dan 1.168 sepeda motor dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Rencananya Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit juga akan melepas mereka dari dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB.

“Kami bersyukur, program mudik gratis bagi para pengguna sepeda motor dengan menggunakan kapal laut ini banyak diminati masyarakat. Tiket yang kami sediakan sudah habis dipesan sebelum masa pendaftaran selesai. Bahkan ketika kami melakukan penambahan kuota pemudik gratispun langsung diserap habis oleh masyarakat,” kata Bobby kepada beritatrans.com di Jakarta, hari ini.

Menurutnya, banyaknya peminat mudik gratis yang menggunakan kapal laut tersebut menunjukkan bahwa masyarakat sudah semakin sadar akan pentingnya keselamatan dan keamanan di jalan saat mudik. Selain itu, mereka juga semakin yakin bahwa pemerintah sungguh-sungguh hendak membantu mereka untuk dapat berlebaran di kampung halaman.

Selama di atas kapal, mereka disediakan berbagai fasilitas seperti makan tiga kali, kesehatan, fasilitas ibadah, dan lain-lain. Mereka juga diasuransikan, termasuk sepeda motornya. “Jadi intinya mereka tinggal duduk manis, makan , tidur, mandi, dan kemudian sampai ke tujuan,”kata Bobby.

Pemberangkatan hari ini merupakan gelombang ketiga atau gelombang terakhir pemberangkatan program mudik gratis menggunakan kapal laut.Pemberangkatan gelombang pertama dilaksanakan pada Kamis, 24 Juli 2014 menggunakan KMP Ciremai dan Niki Sae yang masing-masing mengangut 2.544 orang dan 1.247 sepeda motor (KMP Ciremai) dan 661 orang dan 240 sepeda motor (KMP Niki Sae).

Sedangkan pemberangkatan gelombang kedua menggunakan kapal milik TNI AL, yakni KRI Makassar 590 pada Jumat, 25 Juli 2014. Kapal bantuan dari TNI AL tersebut mengangkut 1.873 orang dan 800 sepeda motor. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari