Angkasa Pura 2

Pemudik Melalui Stasiun Surabaya Mencapai 352.000 Orang

EmplasemenKamis, 31 Juli 2014
Stasiun Pasar Turi

SURABAYA (beritatrans.com) – Sebanyak 352.000 pemudik menggunakan jasa kereta api selama Lebaran 2014 di wilayah Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya, Jawa Timur, sejak H-10 Lebaran atau 18 Juli hingga 30 Juli 2014.

“Kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah karena jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api untuk hari ini masih belum tercatat seluruhnya,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop VIII Surabaya Sumarsono di Surabaya, Kamis (31/7/2014).

Jumlah penumpang kereta api yang tercatat di Daop VIII Surabaya pada Rabu (30/7) sebanyak 34.500 orang dan diprediksi jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah penumpang pada Kamis ini.

Sedangkan pada Selasa (29/7) tercatat jumlah penumpang sebanyak 33.800 orang dan terjadi peningkatan secara kumulatif sebesar 20 persen dibandingkan periode yang sama pada Lebaran tahun 2013.

“Tiket penumpang kereta api untuk arus balik hingga H+7 Lebaran atau 5 Agustus 2014 sudah terjual habis untuk berbagai tujuan, kecuali tujuan Yogyakarta, Jember, dan Banyuwangi,” tuturnya.

Menurut dia, jumlah penumpang arus balik di wilayah Daop VIII Surabaya didominasi tujuan Jakarta melalui Stasiun Pasar Turi, sehingga kepadatan penumpang terjadi di sana selama beberapa hari ke depan.

“Selama masa angkutan Lebaran, kami menambah perjalanan enam kereta yakni dua rangkaian KA di Stasiun Pasar Turi tujuan Jakarta, dua KA di Stasiun Gubeng tujuan Yogyakarta dan Bandung, serta dua KA di Stasiun Malang tujuan Jakarta,” paparnya seperti dilansir Antara.

Sementara salah seorang pemudik di Stasiun Pasar Turi, Abdul Hanan, mengatakan keluarganya sudah memesan tiket kereta api jauh-jauh hari untuk kembali ke Jakarta, sehingga tidak kehabisan tiket.

“Kami memang sengaja memesan tiket arus balik hari ini, agar bisa istirahat beberapa hari sebelum kembali bekerja di ibukota,” kata penumpang KA Gumarang tujuan Jakarta itu.

Pantauan di lapangan, para pemudik sudah memadati Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng dengan berbagai tujuan, bahkan kepadatan arus balik di kedua stasiun tersebut sudah terasa pada H+1 Lebaran atau 30 Juli 2014. (risma)

loading...