Angkasa Pura 2

STTD Bekasi Akan Buka Prodi Logistik dan Multimoda

SDMSelasa, 12 Agustus 2014
beritatrans.com

JAKARTA (beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bekasi, Jawa Barat berencana membuka Program Pendidikan (Prodi) baru bidang Logistik dan Multimoda. Bahkan STTD juga berniat membuka Program S2 Ilmu Transportasi.

“Surat pengajuannya sudah kami kirimkan ke Kementerian Pendidikan. Segala sarana dan prasarana untuk menyambut program baru itu pun sudah kami siapkan,” kata Ketua STTD Zulmafendi kepada beritatrans.com usai upacara khusus pencanangan STTD sebagai kampus humanis anti kekerasan di Bekasi, Selasa (12/8/2014).

Zulmafendi mengatakan, selama ini STTD telah memiliki tiga Prodi yaitu Prodi D3 Perkeretaapian, Prodi D3 Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), dan Prodi D4 Manajemen Transportasi Darat (MTD). Prodi Logistik dan Multimoda rencananya untuk jenjang D4. “Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi surat persetujuan dari Kementerian Pendidikan sudah keluar, sehingga kita dapat segera merealisasikan Prodi tersebut,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Prodi D3 LLAJ dan D3 Perkeretaapian statusnya akan ditingkatkan menjadi Prodi D4. Jadi nantinya STTD tidak lagi menghasilkan sarjana-sarjana transportasi tingkat madya, melainkan sarjana transportasi penuh. “Bahkan untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan STTD, kami berencana membuka program pendidikan S2 transportasi,” tuturnya.

Zulmafendi mengaku, peminat yang ingin belajar di STTD sangat tinggi setiap tahunnya. Untuk masa penerimaan Taruna dan Taruni baru pada bulan September nanti saja sudah mencapai angka sekitar 5.000 orang. Dari jumlah peminat sebanyak itu, sekitar 3.000 orang adalah peminat Prodi D4 Manajemen Transportasi Darat.

“Sayangnya daya tampung kami masih sangat terbatas. Kami baru bisa menerima sekitar 210 calon Taruna dan Taruni saja setiap tahunnya. Mudah-mudahan ke depannya kami bisa menerima calon Taruna dan Taruni lebih banyak lagi,” ujar Zulmafendi. (aliy)