Angkasa Pura 2

Garuda Jajaki Penerbangan Charter ke Tiongkok

KokpitKamis, 14 Agustus 2014
Garuda 2

BEIJING (beritatrans.com) – Maskapai Garuda Indonesia tengah menjajaki penerbangan “charter” ke beberapa kota di Tiongkok, dan diharapkan mulai beroperasi pada awal 2015.

Manajer Umum Garuda Indonesia Beijing Asa Perkasa mengatakan, penjajakan penerbangan “charter” itu dimaksudkan untuk memaksimalkan pasar Tiongkok yang sangat besar.

“Selama ini Garuda Indonesia melayani rute Beijing-Jakarta-Bali (PP), Shanghai-Jakarta (PP) dan Guang Zhou-Jakarta (PP), selain itu otoritas setempat juga telah menetapkan Hang Zhou dan Chengdu, untuk kota di Tiongkok yang dapat diterbangi penerbangan dari Indonesia,” tuturnya, Kamis (14/8/2014).

Untuk memaksimalkan potensi pasar Tiongkok, Garuda Indonesia dan beberapa perusahaan setempat tengah menjajaki penerbangan “charter” dari dan ke lima kota lainnya di Tiongkok yakni Beijing, Xian, Harbin, Shenyang dan Dalian, ujar Asa, menambahkan.

Ia menuturkan situasi politik di Thailand dan Vietnam serta musibah yang dialami Maskapai Malaysia Airlines, mau tidak mau menimbulkan persaingan harga yang ketat.

“Perusahaan penerbangan ketiga negara itu menurunkan harga cukup siginifikan agar para calon wisatawan, khususnya dari Tiongkok untuk dapat tetap datang ke negara-negara tersebut,” ucapnya seperti dikutip Antara.

Tak hanya itu, semua agen dan perusahaan penerbangan di Tiongkok kini menjual Indonesia terutama Bali, sebagai daerah tujuan utama wisata. “Ini peluang positif yang seharusnya digarap maksimal,” kata Asa.

Garuda Indonesia, lanjut Asa, sebagai maskapai nasional Indonesia tidak mungkin bersaing dengan melakukan pemotongan harga besar-besaran seperti yang dilakukan maskapai-maskapai domestik di Tiongkok khususnya yang menjual Indonesia, terutama Bali sebagai daerah tujuan utama wisata.

Terkait itu, selain memelihara dan meningkatkan performa penerbangan regular yang sudah ada yakni Beijing-Jakarta-Bali (PP), Shanghai-Jakarta (PP) dan Guang Zhou-Jakarta (PP), Garuda Indonesia juga akan melakukan penerbangan charter dari dan ke lima kota di Tiongkok itu.

“Diharapkan ini dapat dilakukan mulai awal tahun depan terutama menjelang perayaan Tahun Baru Tiongkok,” ujarnya, berharap.

Selama ini Beijing-Jakarta-Bali (PP), Shanghai-Jakarta (PP) dan Guang Zhou-Jakarta (PP), setiap hari. Selain itu, Garuda Indonesia juga melayani rute Jakarta-Hong Kong dan Taiwan. (aliy)