Angkasa Pura 2

Koridor III Trans Semarang Beroperasi Oktober

KoridorSabtu, 16 Agustus 2014
rutetranssemarang

SEMARANG (beritatrans.com) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi menegaskan koridor III BRT (bus rapid transit) Trans Semarang akan dioperasikan pada Oktober 2014.

“Melihat program BRT sebagai transportasi publik cukup berhasil dan efektif. Mestinya koridor III baru diselesaikan 2015, kami ajukan pada Oktober tahun ini,” katanya di Semarang, Jumat (15/8/2014).

Saat ini sudah ada tiga koridor BRT yang beroperasi, yakni koridor I yang melayani Mangkang-Penggaron, koridor II (Terboyo-Sisemut), dan koridor IV (Cangkiran-Bandara Ahmad Yani).

Setelah koridor III yang melayani rute Pelabuhan Tanjung Emas-Sisingamaraja, dioperasikan, kata dia, akan disusul pengoperasian dua koridor baru yang dilakukan pada tahun depan.

“Supaya semua jalur transportasi di Kota Semarang terhubung. Artinya, masyarakat tinggal beli satu tiket BRT bisa ‘muter-muter’ kota tanpa harus beli tiket lagi,” jelas Hendi seperti diberitakan Antara.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Agus Harmunanto mengatakan sudah mengajukan usulan anggaran pada APBD perubahan untuk pembangunan koridor III BRT.

“Kami sudah mengajukan anggaran pada APBD perubahan untuk pembangunan koridor III. Sudah disetujui, tetapi belum ‘ditok’. Ya, mudah-mudahan segera disahkan DPRD Kota Semarang,” katanya.

Ia menjelaskan koridor III BRT itu akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Emas-Jalan dr Cipto-Sisingamangaraja-Jalan MT Haryono (Jalan Mataram), dan kembali lagi ke pelabuhan.

Tentunya, kata dia, rute koridor baru itu akan terkoneksi dengan tiga koridor sebelumnya sehingga masyarakat tinggal membeli satu tiket dan bisa mengakses keempat koridor tersebut.

Menurut dia, sistem tiket BRT memang disiapkan untuk saling terkoneksi antarkoridor agar memudahkan para penumpang yang ingin mengakses transportasi, sebab cukup membeli satu tiket.

“Untuk armadanya, kami akan siapkan 10 unit BRT yang akan melayani koridor itu (koridor III, red.). Rencananya, pengoperasian akan dilakukan antara Oktober-November 2014,” pungkas Agus. (gilang)