Angkasa Pura 2

Komunitas Kemaritiman Indonesia Dukung Pembentukan Menko Maritim

DermagaSenin, 18 Agustus 2014
IMG_00000074_edit

Komunitas Kemaritiman Indonesia Dukung Pembentukan Menko Maritim

JAKARTA (beritatrans.com) – Komunitas Kemaritiman Indonesia (KKI) mendukung adanya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) pada pemerintahan mendatang. Dukungan tersebut merupakan salah satu poin dalam Deklarasi Bahari yang dikumandangkan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Senin (18/8/2014).

“Visi Jokowi-JK tentang pembangunan kemaritiman Indonesia ternyata merupakan strategi yang terpadu dalam membangun seluruh elemen kemaritiman,” kata Tjuk Sukardiman, salah seorang penggagas Deklarasi Bahari.

Tjuk Sukardiman mengatakan, Menko Maritim tersebut nantinya akan menaungi Kementerian Perhubungan Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Industri dan Infrastruktur Maritim.

“Melalui deklarasi bahari ini kami siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi kemaritiman Jokowi-JK,” kata mantan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ini.

Selain mendukung pembentukan Menko Maritim, Deklarasi Bahari juga menyatakan bahwa dalam mewujudkan tol laut nusantara, perlu dibangun armada nasional yang kuat. “Djakarta Llyod dan Pelni harus dijadikan flagships carrier yang memiliki daya saing global utamanya di bidang pelayaran cargo dan penumpang,” ujarnya.

Selanjutnya merealisasikan pelayaran reguler nusantara yang didukung dengan pembangunan deepharbour dari ujung Indonesia bagian barat hingga ujung Indonesia Timur. Kemudian membangun sumber daya manusia maritim baik yang berkualifikasi akademisi maupun praktis dan profesional.

“Juga meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam membangun bidang kemaritiman dengan penambahan kewenangan yang luas namun tetap dalam pengendalian pemerintah pusat,” kata Tjuk. (aliy)