Angkasa Pura 2

Semua Perlintasan Penyeberangan NTT Dibuka Kembali

DermagaSelasa, 19 Agustus 2014
Pelabuhan Penyeberangan Kupang-ilustrasi

KUPANG (beritatrans.com) – Manajemen PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri Cabang Kupang menilai kondisi cuaca dan gelombang laut Nusa Tenggara Timur (NTT) telah normal. Untuk itu pihaknya membuka kembali semua lintasan penyeberangan kapal-kapal feri yang melayani rute pelayaran di NTT mulai hari ini, Selasa (19/8/2014).

‚ÄúSemua lintasan penyeberangan di NTT dibuka kembali setelah tiga hari ditutup karena tingginya gelombang laut disertai angin kencang,” kata General Manager ASDP Indonesia Feri Cabang Kupang Arnold Janssen di Kupang.

Ia mengatakan dibuka kembalinya pelayanan penyeberangan itu atas rekomendasi Syahbandar Kupang setelah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kupang.

“Pihak Syahbandar memberitahu ASDP Kupang untuk membuka kembali pelayaran setelah berkoordinasi dengan BMKG setempat yang menyatakan bahwa cuaca di lintasan perairan itu telah normal dan dapat dilayari,” katanya seperti diberitakan Antara.

Sebelumnya BMKG Stasiun Meteorologi Kupang melaporkan tekanan udara di daratan Australia naik hingga mencapai 1035-1037 mili bar (MB) sehingga terjadi tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) berkisar 1014 MB dan telah memicu angin kencang.

Kondisi ini kata Janssen ikut memicu meningkatnya tinggi gelombang laut di perairan NTT terutama di laut Sawu bagian Selatan, Selat Rote, Laut Timor dengan tinggi gelombang maksimal dapat mencapai 3,0 hingga 5,0 meter.

Bahkan katanya di Samudera Hindai Selatan NTT katanya tinggi gelombang laut maksimal mencapai 4,0 hingga 6,0 meter dan sangat berbahaya untuk keselamatan pelayaran, sehingga perlu diwaspadai demi kenyamanan bersama.

Berdasarkan kondisi cuaca itu, pihak ASDP memutuskan untuk menutup layanan pelayaran ke berbagai wilayah di NTT selama tiga hari terhitung Sabtu-Senin, (16-18/8) demikian pula (penutupan) pada tanggal Sabtu-Senin, (9-11/8). (risma)

loading...