Angkasa Pura 2

Kapal Milik Dishub DKI Jakarta Meledak, 34 Orang Terbakar

DermagaRabu, 27 Agustus 2014
Kapal Terbakar

JAKARTA (beritatrans.com) – Kapal (KM) Paus milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meledak di Perairan Kepulauan Seribu pada Rabu (27/8/2014) sekitar pukul 10.00 WIB. Sedikitnya 34 orang terbakar.

Laporan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Seribu menyebutkan, dari 34 orang yang terbakar tersebut 33 orang mengalami ruka ringan dan satu orang luka berat. Sedangkan jumlah penumpang kapal berbobot 29 GT itu sendiri sebanyak 34 orang dengan 6 orang Anak Buah Kapal (ABK), sehingga total penumpang berjumlah 40 orang.

“Staf kami saat ini masih di TKP dan melakukan koordinasi dengan armada PLP Klas I Tanjung Priok, KSOP Muara Angke, dan Dishub DKI Jakarta Kali Adem,” kata Pelaksana Harian Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Seribu, Supanto.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Johanson Ronald Simamora mengatakan, seluruh korban yang semula dirawat di RS Pramuka dirujuk ke RS Koja untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

“Atas saran dr Agus, Kasi SDK dan Pelayanan Kesehatan Sudinkes Pulau Seribu, para korban pada pukul 13.30 WIB dirujuk ke RS Koja, Jakarta Utara,” kata Johanson.

Kapal Paus meledak pada saat perjalanan dari Dermaga Kaliadem ke sejumlah pulau pada pukul 08.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB di perjalanan sekitar 10 mil dari Pulau Pramuka atau di sekitar Pulau Busung Sekati kapal tiba-tiba meledak.

Belum diketahui penyebab meledaknya kapal milik Dinas Perhubungan DKI ini. Petugas Polres Kepulauan Seribu masih menyelidiki penyebab ledakan kapal tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi. (risma)