Angkasa Pura 2

Jalan Tol Medan – Kualanamu Dibangun Dengan Biaya Rp2,6 Triliun

KoridorKamis, 28 Agustus 2014
Kualanamu_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – pemerintah akan melakukan proses peletakan batu pertama untuk dua proyek jalan tol. Kedua jalan tol tersebut adalah Medan-Kualanamu dan juga jalan tol Manado-Bitung.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, ketika ditemui usai peresmian gedung Balai Bendungan di Jakarta, Kamis 14 Agustus 2014.

Untuk jalan tol Medan-Kualanamu, menurut Djoko, proses negosiasi nilai jalan tol sudah disepakati yakni sebesar Rp2,6 triliun. “Yang mengembalikan dokumen tender kan cuma PT Jasa Marga Tbk dan konsorsiumnya,” katanya.

Djoko mengatakan, proses peletakan batu pertama akan dilakukan secepat mungkin. Dia memastikan, sebelum presiden baru, pembangunan jalan tol ini akan segera dimulai.

Pembebasan lahan untuk jalan tol yang akan menjadi akses ke Bandara Internasional Kualanamu ini sudah mencapai 80 persen.

Konsorsium yang memenangkan tender ini berisi BUMN karya yakni Jasa Marga, PT Waskita Karya Tbk, PT Hutama Karya, dan PT Pembangunan Perumahan Tbk.

Dia memaparkan, jalan tol sepanjang 44 kilometer ini merupakan bagian dari jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi yang sebagian sudah dikerjakan oleh pemerintah sepanjang 17,8 kilometer sebagai bentuk dukungan.

Adapun, nilai investasi jalan tol tersebut mencapai Rp1,34 triliun dan dananya berasal dari pinjaman Tiongkok. (viva/resi)

loading...