Angkasa Pura 2

Sering Rusak dan Terbakar

Ahok Ancam Hentikan Operasional Bus Transjakarta Merk Yutong

KoridorJumat, 29 Agustus 2014
bus-karat-terbakar

JAKARTA (beritatrans.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terlihat sangat kesal dan marah dengan kejadian seringnya bus-bus transjakarta rusak dan terbakar, seperti yang terjadi pada bus Transjakarta merk Yutong yang terbakar di depan halte Al Azhar kemarin. Ahok bahkan mengancam segera menghentikan operasional bus Transjakarta merek tersebut yang saat ini jumlahnya mencapi 29 unit.

“Akan dihentikan dulu operasinya dan dilakukan penelitian mendalam untuk mencari tahu apa penyebab terbakarnya bus tersebut,” kata Ahok di Jakarta.

Seperti diberitakan, bus Transjakarta gandeng yang terbakar di Shelter Masjid Agung Al Azhar adalah merk Yutong, asal China. Saat ini, tercatat ada 29 bus serupa yang dioperasikan oleh BP Transjakarta di berbagai koridor Transjakarta yang ada. Bus nahas tersebut usianya belum sampai setahun dioperasikan.

Peneliti Masyarakat Transportasi Indoensia (MTI) Dr Ir Ellen Tangkudung juga meminta pihak-pihak terkait khususnya Pemprov DKI Jakarta segera mengusut tuntas kasus terbakarnya bus Transjakarta yang kerap kali terjadi. “Kasus terbakarnya bus Transjakarta itu harus segera dihentikan. Oleh karena itu, perlu dibentuk tim khusus yang melakukan penyelidikan mendalam untuk mencari apa penyebab terbakarnya bus buatan China tersebut,” katanya.

Sesuai atutan UU, jika bus sudah dijual untuk umum apalagi dioperasikan untuk angkutan umum maka sudah lolos uji sertifikasi. Jadi, secara teknis sudah laik jalan dan disahkan oleh instansi berwenang . “Tapi kalau belakangan sering terjadi kasus kebakaran, mogok di tengah jalan dan lainnya yang membahayakan masyarakat, harus diselidiki apa penyebabnya sehingga bisa dicegah dan tak terus terulang,” papar akademisi FT UI Jakarta itu.

BP Transjakarta mengoperasikan ratusan bus Transjakarta yang menggunakan bagan bakar gas (BBG). Bus tersebut sebagian diimor dari China termasuk yang terbakar kemarin, sebagian lainnya ada yang diproduksi PT INKA, Madiun, salah satu BUMN kebanggaan nasional yang memprodksi berbagai alat transportasi seperti kereta api, bus dan lainnya. (helmi)

loading...