Angkasa Pura 2

Stasiun KA Bawah Tanah Mulai Dibangun di Utara Bundaran HI

EmplasemenSabtu, 30 Agustus 2014
MRT_jakarta

JAKARTA (beritatrans.com) – Stasiun bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) di jalur Jalan Sudirman-Thamrin, mulai dibangun.

Pihak PT MRT Jakarta selaku pelaksana pembangunan proyek, melakukan pengecoran perdana D-Wall (Diapraghm Wall) di seberang utara Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Jumat malam, 29 Agustus 2014.

“Sederhananya, D-Wall ini adalah dinding yang akan mengelilingi stasiunnya sebelum kami lakukan penggalian tanah untuk membangun stasiunnya nanti,” ujar Direktur Utama MRT Jakarta, Dono Boestami, kepada vivanews di lokasi pekerjaan.

Dono menuturkan, pekerjaan pembuatan D-Wall ini akan berlangsung hingga pertengahan Maret 2015. Menurut dia, pekerjaan yang dimulai pada Jumat malam merupakan suatu tahapan penting dalam proyek pembangunan MRT di Jakarta.

“Ini merupakan tahapan yang kritis. Proses pengecoran yang dilakukan tidak boleh mengalami penghentian agar pengerasan beton dapat selesai secara sempurna,” ujarnya.

Dampak dari proyek selama 8 bulan ini, tingkat kebisingan dipastikan akan meningkat di sepanjang Sudirman. Dono mengharapkan dukungan dan pengertian masyarakat demi selesainya pekerjaan pembangunan moda transportasi yang diharapkan bisa menjadi salah satu solusi bagi masalah kemacetan di Jakarta itu.

“Proses pengecoran ini akan melibatkan penggunaan alat berat yang cukup banyak serta mobilisasi truk angkut yang cukup besar. Kami dan pihak kontraktor akan berusaha keras agar dampak suara bising yang ditimbulkan selama proses pekerjaan dapat diminimalisir,” ujar Dono.

MRT Jakarta menargetkan seluruh infrastruktur moda transportasi ini telah selesai pada akhir 2017. Sistem transportasinya direncanakan sudah bisa mulai berjalan pada 2018, saat kota Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games. (helmi)

loading...