Angkasa Pura 2

Pakar: DAMRI Mesti Genjot Angkutan Logistik di Indonesia

KoridorSelasa, 9 September 2014
DAMRI logistk

JAKARTA (beritatrans.com)–Perum DAMRI adalah BUMN andalan khususnya di transportasi darat di Tanah Air. Bukan hanya angkutan lintas Jawa, tapi juga Sumatera bahkan daerah lain di Indonesia.

“Ke depan, DAMRI jangan hanya fokus untuk angkutan orang atau penumpang. Tapi juga menggarap angkutan barang atau logistik yang volumenya makin besar,” ujar pakar transportasi Unika Soegijapronoto Semarang, Djoko Setijowarno kepada beritatrans,com di Jakarta, Selasa (9/9).

“DAMRI jangan hanya terlena pada angkutan penumpang khususnya angkutan khusus ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Sejalan dengan pembangunan proyek KA Bandara dan masuknya operator lain ke bandara harus memicu manajemen DAMRI lebih kreatif membidik dan menciptakan peluang usaha baru. Jika tidak akan terlibas oleh persaingan itu sendiri,” kata Djoko lagi.

Peluang usaha AKAP untuk rute-rute tertentu masih bagus, termasuk yang dilayani Perum DAMRI. Tapi potensi angkutan barang atau logistik juga kian besar. “Ini potensi usaha yang menjanjikan digarap secara profesional. DAMRI mempunyai peluang untuk berebut pangsa pasar angkutan barang tersebut. Armada punya, SDM berpengalaman. Dan profesionalisme manajemen harus digenjot lagi,” papar Djoko.

Mulai sekarang, semua peluang dan ancaman bisnis DAMRI harus dikaji dan dicermati dengan baik. Jika manajemen pintar dan mampu membuat ternosan baru di bidang pelayanan, peluang usaha itu tetap ada dan makin terbuka. “Di tengah pertumbuhan ekonomi yang baik di Indonesia, pangka angkutan penumpang dan barang makin tinggi pula. Angkutan barang tentu akan bertambah dan itu potensi bisnis. Masalah sekarang, mampu tidak DAMRI memanfaatkan peluang itu,” tanya Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto itu.

Ditambahkan Djoko, DAMRI juga bisa mengoptimalkan sinergi dengan sesama BUMN yang ada khususnya di sektor logistik. DAMRI bisa bekerja sama dengan KAI, Pelni, Garuda Indonesia dan lainnya. “Selama ini, yang ada DAMRI baru menjalin kerja sama untuk angkutan barang dengan PT Pos Indonesia. Ke depan, peluang yang sama perlu digarap dan dioptimalkan untuk kinerja dan pelayanan yang lebih optimal,” tegas Djoko.(helmi)

loading...