Angkasa Pura 2

Pemerintah Bangun Jaringan KA ke Bandara Utama Tanah Air

EmplasemenJumat, 12 September 2014
ka bandara

JAKARTA (beritatrans.com)–Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan membangun jaringan kereta api (KA) di beberapa bandara utama di Indonesia. Proyek itu dimaksudkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pelayanan bagi warga. Selama ini, akses jalan menuju bandara di beberapa kota termasuk di jalan tol sudah padat. Perlu alternatif angkutan massal yang lebi cepat dan efisien.

“Saat ini sudah dua bandara yang dibangun jaringan KA meski masih dalam proses. Yaitu Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Kuala Namu Medan Sumatera Utara,” kata Dirjen KA Kemenhub Hermanto Dwiatmoko di Jakarta, Jumat (12/9).

Menurutnya, KA Bandara Soetta tahun depan sudah beroperasi. Demikian juga KA di Bandara Kuala Namu segera beroperasi juga. Jika KA Bandara tersebut sudah beroperasi, maka kepadatan lalu lintas terutama di ruas tol bisa berkurang. “Waktu tempuh menuju bandara atau sebaliknya makin pendek,” kata Hermanto.

Dengan akses KA ke bandara itu, diharapkan memberikan kemudahan dan kelancaran warga menuju bandara atau sebaliknya. Selama ini, akses jalan darat termasuk di ruas jalan tol sudah macet. “Bandara lain yang juga akan dibangun akses KA antara laih Juanda Surabaya, Ahmad Yani Semarang, Sultan Mahmud Badarudin Palembang dan Minangkabau Padang,” jelas Dirjen lagi.

Sementara, untuk Bandara Kulonprogo Yogyakarta akases KA akan dibangun bersamaan proyek bandara pengganti Adi Sutjipto itu. “Nanti akan dibangun akses ka baru sepanjang 5 km dari jalur eksisting. Proyek serupa juga di Bandara Padang, sepanjang 5 km,” papar Dirjen.

Jika semua bandara utama dibangun jaringan KA maka akses lebih muda. Kapasitas besar dan tidak macet. “Itu salah satu alasan pemerintah membangun KA tersebut,” tegas Hermanto.(helmi)

loading...