Angkasa Pura 2

Kini Saatnya Empati Pada Pejalan Kaki

KoridorKamis, 18 September 2014
pejalan kaki

JAKARTA (beritatrans.com)–Saatnya Indonesia khususnya pengguna jalan raya memiliki rasa empati dan peduli pada keselamatan pejalan kaki. Keberadaan dan keselamatan mereka dilindungi UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dan parahnya, kepedulian pada pejalan kaki termasuk di Indonesia pada pengguna jalan masih rendah.

“Hasil riset yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta bahwa hanya 30% pengemudi kendaraan bermotor yang memberikan prioritas menyeberang kepada pejalan kaki, meskipun telah diamanatkan melalui Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutn Jalan (LLAJ), bahwa pejalan kaki mendapatkan hierarki tertinggi,” ujar Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan JA.Barata dakam siaran pers di Jakarta, Kamis (18/9).

Kemenhub sebagai orotitas transportasi baik darat, laut, udara dan kereta api (KA) terus menggalakkan kesadaran dan kepedulian pada keselamatan transportasi. “Nyawa manusia sangat berharga dan harus dilindungi bersama. Oleh karena itu, keecelakaan transportasi termasuk yang menimpa pejalan kaki harus dihindari bila perlu dihilangkan,” harapan Barata.

Atas keprihatinan tersebut, lanjut Barata, maka pada tahun ini, sesuai himbauan PBB ditetapkanlah tema Keselamatan Jalan di Indonesia,yaitu Pedestrian Safety (Keselamatan Pejalan Kaki) dengan fokus pada anak-anak.

Kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2014 dilaksanakan berupa Safety Walk atau jalan kaki secara berkeselamatan oleh Menteri Perhubungan bersama anak‚Äďanak dari Rumah Baca Saraswati serta karyawan-karyawati Kementerian Perhubungan dengan memperhatikan kaidah prinsip-prinsip jalan kaki berkeselamatan.

Kahumas Ditjen Perhubungan Darat Zainal Arifin menambahkan, jalan kaki berkeselamatan itu adalah menggunakan fasilitas bagi pejalan kaki dan penyeberang seperti trotoar, zebra cross serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), juga menyeberang jalan dengan prinsip 4 T: Tunggu Sejenak, Tengok Kanan, Tengok Kiri, Tengok Kanan Lagi. Teristimewa, pada tahun ini pelaksanaan Pekan Nasional Keselamatan 2014 menjadi salah satu dari rangkaian Hari Perhubungan Nasional, yaitu Hari Bakti Insan Perhubungan untuk Masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pejalan kaki atau penyeberang jalan maupun pengguna jalan lain dapat saling berempati, berbagi ruang jalan yang ada demi keselamatan bersama,” tandas Zainal.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari