Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla Tutup Pelatihan Coast Guard Kerjasama Amerika Serikat

DermagaJumat, 19 September 2014
Bobby Coast Guard

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Bobby R. Mamahit resmi menutup pelatihan Boarding Officer bagi para petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) atau Coast Guard di Pangkalan KPLP Tanjung Priok, Jakarta (19/9/2014).

Sedikitnya 24 petugas KPLP dari seluruh pangkalan PLP dan Kantor Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan Laut mengikuti kegiatan hasil kerjasama dengan Coast Guard Amerika Serikat ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Amerika Serikat, khususnya U.S Department of State – Expert Control and Related Border Security Program dan United States Coast Guard bersedia membantu dan melatih para petugas KPLP agar lebih profesional dalam penegakan hukum di laut,” kata Capt. Bobby R Mamahit dalam sambutan penutupan yang dihadiri oleh Duta Besar Amerika Serikat Mr. Robert Blake itu.

IMG_00000348_edit

Menurut Bobby, pelatihan yang dimulai sejak 8 hingga 19 September ini sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat.

“Pelatihan seperti ini sangat penting bagi para petugas KPLP. Wilayah laut Indonesia sangat luas dan kapal-kapal dari berbagai negara masuk dan berlayar di laut kita,” ujar Bobby.

Beberapa materi yang diajarkan oleh para instruktur dari U.S Coast Guard antara lain mengenai tata cara melakukan pemeriksaan di atas kapal, cara mempertahankan diri dari ancaman, cara melumpuhkan subjek yang bertindak agresif, serta berbagai pelatihan fisik lain yang berguna bagi para petugas saat melakukan pemeriksaan di atas kapal.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Amerika Serikat Mr. Robert Blake menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Perhubungan Laut yang selalu memberikan dukungan kepada program-program kerjasama Antara pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia, khususnya yang terkait dengan sektor maritim.

“Indonesia adalah negara yang memiliki laut yang luas. Banyak kapal-kapal niaga dari berbagai negara yang masuk ke perairan Indonesia,” kata Robert Blake.

Robert Blake mengatakan, pemerintah Amerika Serikat akan terus memberikan bantuan-bantuan di bidang pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan profesionalitas sumber daya manusia Indonesia.

Menurut Bobby R Mamahit, program kerjasama ini akan dilanjutkan dengan pelatihan serupa untuk para calon instruktur Boarding Officer. Program tersebut akan dilaksanakan pada 22 hingga 26 September 2014.

“Kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat seperti ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,” ujar Bobby. (aliy)

loading...