Angkasa Pura 2

Perwira Transportasi, Sosok Profesional Yang Peduli Seni Budaya

SDMSabtu, 20 September 2014
tarian betawi STTD

JAKARTA (beritatrans.com)–Sekolah-sekolah di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan khusus mendidik dan melatih siswa atau taruna menjadi insan transportasi yang handal. Mereka harus memiliki wawasan akademik yang luas sekaligus profesional dalam bekerja.

Namun begitu, bukan berarti melupakan pengembangan apsek seni, budaya serta olah raga untuk mengekspresikan kemampuan para taruna-taruni. “Kita memang menyiapkan kurikulum pendidikan yang integral. Lengkap secara akademik, tapi juga mengembangkan potensi seni, budaya dan olah raga termasuk muatan lokal asing-masing kampus,” ujar Kepala BPSDM Perhubungan Wahyu Satrio Utamo kepada beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

“Sebagai institusi pendidikan di bidang transportasi, kurikulum yang berbasis pengetahuan dan ketrampilan di bidang transportasi paling dominan. Tapi, pengembangan aspek seni, budaya dan olah raga tetap dilakukan secara optimal. Jadi, taruna-taruni tetap bisa tumbuh dan berkembang secara utuh dan berimbang,” papar pria yang akrab disapa Tommy itu.

gita saptaBahari

Oleh karena itu, aku dia, di setiap kampus BPSDM senantiasa di lengkapi fasilitas olah raga, ruang atau wahana pengembangan seni budaya dan lainnya. Dalam proses pendidikan di kampus, tidak melulu dengan proses belajar mengajar di dalam kelas. “Dalam satu waktu, taruna-taruni diajak turun langsung ke lapangan. Pada kesempatan itulah mereka bisa belajar langsung dan berinteraksi dengan masyarakat sekaligus mengembangkan kemampuan dirinya,” tandas Tommy.

Hasilnya, mampu mendidik dan melatih kemampuan para taruna dengan optimal. “Setiap perhelatan besar seperti Wisuda Terpadu atau event tertentu di Kementerian Perhubungan, taruna BPSDM selalu menampilkan kemampuan seni budaya yang khas, menarik sekaligus membanggakan. Masing-masing kampus seperti STIP, STPI, STTD mempunyai grup band, marching band bahkan sanggar tari yang bagus,” papar Tommy.

Dalam Wisuda Terpadu Perwira Transportasi BPSDM 2014, di Kampus STPI Curug Tangerang misalnya, tambah Tommy, STIP Jakarta menampilkan Marching Band Gita Sapta Bahari. Sedang STTD Bekasi menampilkan Tarian Betawi yang kental dengan budaya Islam serta STPI Curug menampilkan tari-tari modern khas taruna calon pilot.

“Itulah hasil pendidikan taruna-taruni BPSDM Perhubungan yang utuh dan integral. Kompetensi akademik terus diingkatkan, tapi ketrampilan profesional tak terabaikan sekaligus mampu mengoptimalkan jiwa seni para taruna peserta didik,” tegas Tommy.(helmi/aliy/awe)