Angkasa Pura 2

Proyek KA Dwi Ganda Manggarai-Cikarang Dikebut

EmplasemenSenin, 22 September 2014
dwi gandaa

JAKARTA (beritatrans.com) – Pembangunan jalur kereta api dwi ganda (double-double track) antara Manggarai-Cikarang terus dikebut. Sebelum akhir tahun 2014, diharapkan proyek fisik sudah selesai dan terus dioperasikan.

“Sebelum akhir tahun ini, proyek fisik diharapkan selesai dibangun. Selanjutnya jalur tersebut dioperasikan untuk melayani masyarakat umum,” kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko kepada beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Pantauan beritatrans.com di lapangan, pekerja proyek jalur KA dwi ganda bekerja siang dan malam. Mereka tampak serius menyelesaikan proyek fisik yang sudah lama tertunda itu. Bahkan, stasiun KA yang lama di diopersikan di daerah Rawa Bebek, Kota Baru kini sudah diratakan untuk membangun track baru nanti.

Pengerjaan fisik jalur dwi ganda KA Manggarai-Cikarang sudah lama tertunda. Dulu karena ada masalah dengan pembebasan lahan. Tapi, masalah itu kini sudah selesai dan dan pembangunan fisk track terus dikebut. “Targetnya sebelum akhir tahun ini sudah selesai,” papar Dirjen.

Dikatakan, pembangunan fisik kereta jalur dwi ganda Manggarai-Cikarang itu diproyeksikan untuk bisa melayani masyarakat komuter di Jabodetbek, khususnya dari arah Cikarang dan Bekasi. “Selama ini, jumlah penumpang KA Komuter dari arah Bekasi cukup tinggi dan harus ditingkatkan kapasitasnya,” tambah Hermanto.

Sebelumnya, manajemen PT Kerja Commuter Jabodetabek (KCJ) kembali mendatangkan 32 KA eks-Jepang. KA tersebut akan dioperasikan utuk memperkuat layanan di Jabodetabek. Ini bagian dari KCJ komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kini, 32 A yang baru datang segera dioperasikan. Apalagi kalau jalur dwi ganda benar-benar sudah jadi. Target penumpang KA 1 juta orang per hari bisa terlampaui,” tegas Manager Komunikasi KCJ Eva Chaerunisa.(helmi)

loading...